Langkah – Langkah Membuat Lagu Ciptaan Sendiri

Langkah – Langkah Membuat Lagu Ciptaan Sendiri | Memiliki sebuah lagu ciptaan sendiri adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi para pemusik, khususnya para musisi yang ingin memberikan suatu karya musiknya yang berupa lagu – lagu yang menyentuh, easy listening, dan disukai masyarakat yang akhirnya mereka memperoleh hasil dari karya – karya mereka. indexTapi tidak menutup kemungkinan kita para musisi baru untuk meniru dan juga memberikan hasil karya lagu kita kepada masyarakat. Lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (mengandung irama). Pada kesempatan kali ini, Klinik Musik memberikan artikel tentang step by step cara membuat sebuat lagu yang utuh dan teratur, dan pastinya dapat mempermudah para pemusik muda atau para musisi muda untuk membuat karya – karyanya yang lebih berkualitas. Langsung aja Cihuuuyy 😀

0. Inspirasi Lagu

Yang paling awal kamu harus lakukan dalam membuat sebuah lagu ciptaan kamu sendiri adalah “Inspirasi”. Inspirasilah yang menuntun kamu dalam membuat lagu mulai dari awal hingga akhir akan sangat berpengaruh. Jadi carilah inspirasi lagu kamu terlebih dahulu sebelum kamu membuat lagu ciptaan kamu sendiri, karna akanan Sendiri berpengaruh dalam lagu kamu dan sekaligus mempermudah kamu dalam membuat lagumu sendiri. Inspirasi bisa di dapat melalui perasaan, lingkungan, kejadian, keadaan, dll yang dapat menjadikan kamu termotivasi dan terinspirasi untuk melagukan inspirasi yang kamu sudah dapat.

1. Tentukan Tipe Lagu

Setelah mendapatkan sebuah inspirasi yang harus kamu lakukan selanjutnya yaitu kamu harus menentukan tipe lagu apa yang akan kamu buat, apakah tipe lagu romantis, cinta, kesedihan, kebahagiaan, petualangan, cerita hidup, dll. Tipe lagu akan bisa di tentukan ketika inspirasi lagu sudah di dapat. Menentukan tipe lagu juga sangat penting karna juga akan berpangaruh pada nuansa musikalitas lagu dan lirik lagu yang akan kamu buat.

2. Tentukan Genre Lagu

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah tentukan genre atau aliran musik apa yang akan kamu masukkan kedalam lagumu. Genre akan mudah ditentukan jika kamu sudah menentukan tipe lagu kamu. Lebih baik juga genre musik menyatu atau singkron dengan tipe lagu yang sudah kamu tentukan, semisal tipe lagu romantic dengan aliran musik pop akan sangat singkron dan mengakibatkan lagu memiliki soul/jiwa dan akan terasa bagi yang mendengarkan.

3. Buatlah Lirik Lagu

Pembuatan lirik lagu adalah tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan. Lirik lagu yang beralur dan mempunyai kedalaman kata – kata yang dashyat adalah lirik lagu yang berkualitasis. Inspirasi yang telah kamu miliki akan menuntun kamu untuk membuat kata – kata dalam lirik lagu yang akan kamu buat, menyusunnya hingga inspirasi itu dapat tertuangkan dengan lirik lagu yang kamu buat. Dalam pembuatan lirik lagu sudah kami bahas di Tips Membuat Lirik Lagu, disana kamu bisa belajar bagaimana membuat lirik lagu yang berkualitas.

4. Tentukan Struktur Lagu

Langkah selanjutnya yaitu membuat struktur lagu. Struktur lagu akan berdampingan dengan membuat lirik lagu karena sambil kamu membuat lirik lagu otomatis kamu juga akan menentukan struktur lagunya. Bagi yang masih tidak tau mengenai struktur lagu bisa lihat di Mengenal Bagian – Bagian Lagu, disana akan dijelaskan perbagian – bagian dari struktur lagu. Kreativitas juga dapat digunakan untuk menentukan struktur lagu yang unik dan menarik. Untuk pemula buatlah struktur lagu yang simple terlebih dahulu.

5. Tentukan Nada/Kunci Dasar

Menentukan kunci dasar adalah langkah selanjutnya, kunci dasar dan nada dasar adalah sebagai patokan range(wilayah) nada – nada yang dapat dijangkau. Kunci dasar ditentukan dari seberapa tinggi nada vocal yang dapat dicapai oleh penyanyi yang menyanyikan lagu kamu. Untuk vocal wanita biasanya memakai kunci dasar G sedangkan lagi – laki memakai kunci dasar C. Usahakan jangan sampai membuat vocal kamu sulit untuk menyanyikan lagu kamu dikarenakan pengambilan nada dasar yang terlalu tinggi, usahakan mencari kunci dasar yang membuat vocal kamu relax dalam menyanyikannya.

6. Membuat Nada Lagu (Awal – Akhir)

Langkah selanjutnya yaitu menentukan nada atau lagu dari setiap struktur lagu yang telah kamu buat dengan mengembangkan kunci dasar yang telah kamu tentukan, dan buatlah nada dari bagian – bagian penting dibawah ini :

  • Buatlah Nada Awal (Intro)

Intro adalah nada pembuka lagu anda, berikan sentuhan kreativitas kamu dan explor semua kreativitas kamu hingga terciptalah sebuah intro yang indah dan mudah diingat pendengar. Bagi pemula buatlah sebua intro yang simple dengan kunci dasar atau dengan variasi petikan gitar dan sedikit nada melodi.

  • Buatlah Nada Untuk Melodi (Middle)

Molodi / Interlude adalah bagian dari lagu yang mengguakan salah satu alat musik yang ditonjolkan nadanya sementara vocal berhenti atau cuman membacking nada yang dihasilkan oleh nada melodi. Buatlah nada melodi yang simple tapi cocok dan menyentuh.

  • Buatlah Nada Akhir (Outro)

Nada akhir bisa dimasukkan atau tidak ke dalam bergantung dari selera kamu, apakah kamu ingin membuat sebuah akhiran lagu yang klimaks karena biasanya klimaks lagu atau puncak lagu berada pada akhir – akhir dari lagu. Sebuah lagu harus memiliki klimaks atau titik puncak lagu yang membuat lagu itu meriah dan hidup serta memiliki alur cerita yang runtut, nyambung dan mudah dipahami. Buatlah sebuah akhir lagu yang benar – benar klimaks dan mengejutkan.

7. Finishing, Cobalah Nyanyikan Lagu Anda Secara Penuh

Langkah terakhir dalam pembuatan sebuah lagu adalah dengan mencoba menyanyikannya dari awal hingga akhir agar kombinasi dari struktur lagu, musikalitas lagu, lirik lagu yang kamu buat dapat kamu koreksi dan rasakan. Cobalah menyanyikan lagumu dengan semangat dan rasakan setiap lirik serta nada musik yang telah kamu buat sendiri.

8. Koreksi dan Tambahkan Variasi Untuk Memperindah Lagu Anda

Jika sudah dirasa bagus, koreksi lagi lagumu dengan cara kamu menyanyikannya di depan temanmu lalu suruh mereka berkomentar tentang lagumu, dari hal itu kamu bisa mengoreksi lagumu dari pendengar atau penikmat lagu ciptaanmu. Dan jangan lupa memberi variasi – variasi pada lagumu agar lebih indah dan pendengar lagumu dapat masuk dan hanyut kedalam cerita lagu ciptaanmu. Kreativitas dalam variasi sangat diperlukan dan janganlah membuat variasi yang terlalu banyak dan rumit. Berikan variasi yang simple dan mudah diingat pendengar.

~ SEMOGA BERMANFAAT ~

59 thoughts on “Langkah – Langkah Membuat Lagu Ciptaan Sendiri

  1. Dengan adanya tips membuat lagu sendiri,,,,ini saya bisa memetik ilmu nada2 lagu dari sini dan adanya tips tersebut saya terinspirasi bisa belajar lagi untuk mendalami sebuah musik,,,,”TIPS MEMBUAT LAGU SENDIRI memang is the best….

    Suka

  2. Mas, saya mau tanya neh. Bagaimana cara membuat not suatu lagu. Saya ada ciptakan beberapa buah lagu dengan cara penghayatan dan feeling dengan memakai alat musik gitar. Dan saya udah perdengarkan kepada teman teman dan kata mereka lumayan bagus syahir /lirik nya. Masalahnya sekarang lagu lagu saya tsbt tidak ada not nya. Saya ambil nada dasar dengan Cord A. Mohon pencerahannya. Trims

    Suka

    • Cari teman yang bisa main alat musik 😀
      Kamu cukup buat liriknya dan maksut atau inti lagu itu ttg apa 🙂 Konsep nanti biar tmnmu yang bisa main alat musik yang bantu buat nada dll 🙂

      Suka

    • Sabar .. buat lagu yang berkualitas memang sulit tapi jangan jdikan beban 😀 just have fun 😀 just do it make it happen 😀

      Suka

  3. Utk sampai ke pngurusan karya cipta mnurt yg sy baca itu prlu mlampirkan lirik lagu lengkap dgn notasix. Utk bljar menulis notasi (trjemahkan dari melodi yg kita punya), itu gmna sigh? *via online

    Suka

    • memang kalau kita mau memantenkan karya cipta kita harus melampirkan hal itu. kita harus sudah menguasai penulisan notasi jikalau tidak bisa .. mungkin bisa minta bantuan teman yang bisa dibidang itu. 🙂

      Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s