7 Penyebab Seseorang Sulit Belajar Bermain Alat Musik

KlinikMusik – Belajar bermain alat musik tidaklah semudah saat melihat betapa mudahnya para ahli musik memainkan alat musiknya dengan sangat santai dan mudah, dibalik itu semua ada suatu usaha* yang cukup lama, cukup keras, dan pastinya memakan waktu yang tidak sebentar. Kali ini klinik musik membahas penyebab* mengapa kok sulit banget belajar alat musik, berikut faktornya .. cihuuyy 😀

1. Don’t Have It (Tidak punya Alatnya)

2772452_alatmusikPenyebab yang paling utama mengapa seseorang sulit untuk belajar bermain alat musik adalah karena mereka tidak memiliki alat musik yang mereka akan pelajari, hampir semua lembaga ataupun guru musik menyatakan langkah awal untuk belajar bermain musik adalah harus memiliki alat musik yang akan digeluti, disamping akan memudahkan dalam belajar alat musik juga mempermudah bagi guru musik untuk mengajari dan melihat perkembangannya untuk setiap pertemuannya. Akan sangat sulit jika tidak memiliki alat musik karna tidak ada alat untuk berlatih untuk digunakan latihan setiap harinya.

2. Belajar Sendiri (Otodidak)

Belajar sendiri memang terkadang efektif bagi beberapa orang yang memiliki bakat musik yang tinggi dan niatan yang sangat kuat, tapi kebanyakan akan sangat sulit bagi kebanyakan orang jika mereka berlatih alat musik sendiri, karna mereka tidak tau apakah teknik ini salah, apakah teknik ini benar, apakah sudah benar apa yang dipelajari, dan tidak ada yang menegur jika ada keselahan. Ada juga yang biasanya dengan bantuan mbh google ataupun youtube, meskipun cara ini lumayan efektif tapi akan lebih mudah, efektif dan cepat adalah jika ada pihak yang sudah bisa dan mahir bermain musik untuk mengajari dan mengoreksi latihan atau belajar kita.

3. Niat Belajar 50%

Belajar bermain alat musik tidak bisa setengah* yang membuat hasilnya juga tidak maksimal. Ini juga yang menyebabkan seseorang sulit untuk bisa bermain alat musik karena mereka tidak ada niatan bulat untuk terjun sepenuhnya, untuk sepenuhnya mempelajari atau menggeluti alat musik yang diinginkan, sampai terget atau sampai dapat memainkan alat musik dengan baik.

4. Tidak Continue

Belajar tidak secara berlanjut, tidak rutin dan tidak terus berlatih, jadi ini juga yang membuat sulit untuk bisa bermain alat musik, karna intensitas latian yang tidak continue(berlanjut) yang menyebabkan sulitnya dalam belajar alat musik. Belajar Alat musik harus berlanjut, harus terus dilatih, tidak dengan intensitas latian yang kadang – kadang yang membuat hasil tidak memuaskan dan sulit untuk bisa memainkan alat musiknya. Latihan secara continue membuat hasil latian lebih nyata, lebih cepat, dan efektif.

5. Mudah Puas

Jangan mudah puas dengan pencapaian latihan kita, jika kita tidak terus mengembangkan apa yang sudah kita bisa, otomatis kita akan kembali untuk belajar dasar dari bermain alat musik itu lagi, kita akan bersusah – susah lagi belajar alat musik dari awal. Kita harus terus tetap kembangkan, kalau teknik dasar sudah bisa terus kembangkan dan latih terus hingga alat musik yang kita mainkan sudah tidak menggunakan metode manghafal tapi dengan merasakan, itu tandanya musikalitas kita sudah mumpuni.

6. Malas

Malas memang faktor atau penyakit yang cukup signifikan bagi orang – orang yang ingin belajar musik. Karna sulitnya, karna banyaknya yang harus dihafal, karnya banyaknya yang harus dicapai, karna waktu latihan yang tidak sebentar terkadang membuat malas bagi sebagian orang yang ingin belajar alat musik. Hal ini harus dilawan karna ini juga faktor utama sulitnya untuk belajar bermain alat musik. Malas = Nothing, Rajin = Something OKe Sahabat Musik 😀

7. Ingin Cara Instan (Langsung Bisa)

Sebagian dari kita ada juga yang ingin secara cepat atau instan langsung bisa menguasai alat musik, it’s imposible thinking. Hal ini yang membuat kita malah sulit untuk dapat menguasai alat musik karena kita akhirnya tidak mau bersusah – susah dahulu yang membuat kita sering mengeluh, dan malas untuk latihan.

Baca Artikel Menarik Laiinnya >>>

11 thoughts on “7 Penyebab Seseorang Sulit Belajar Bermain Alat Musik

  1. Ping-balik: Ini Alasan Mengapa Orang Sulit Belajar Bermain Musik | Site Title

  2. Lu semua salah , gue justru udah ngerasain belajar otodidak tapi alhamdulillah baru 3 bulan udah ke tingkat menengah . Emang kalo pemula banget alias 0% harus belajar sama temen , tetangga , keluarga ataupun les musik tapi kalo sudah menguasai tahap pemula banget alias 0% tidak ada salahnya belajar otodidak buktinya aja Jimi Hendrik , Nathan Fingerstyle , Teo akustik otodidak tapi jago banget . Jadi yang menghambat bukan otodidaknya tapi itu semua karena Niat lu , usaha lu konsisten lu yang kurang dan lu yang gak bisa fokus ke satu bidang , jadinya ya terhambat

    Suka

Komentar