8 Alat Musik Terbesar di Dunia

Sahabat Musik pasti penasaran seberapa besar sih alat musiknya? apa masih bisa dimainkan? haha hmm tentunya ukurannya ngg seperti normalnya ini ukurannya jumbo dan super jumbo .. em buesarlah pokoknya dan yang pasti semua alat musiknya masih dapat dimainkan seperti alat musik dengan ukuran Aslinya. Hmm yuk langsung Aja simak Cihuuyyy 😀

1. Gitar Terbesar di Dunia

gitar terbesarThe National Guitar Museum atau Museum Nasional Gitar kembali mengadakan pameran keliling di Amerika. Kali ini mereka menyasar Liberty Science Center, yaitu sebuah museum sains interaktif yang terletak di Liberty State Park, Kota Jersey City, negara bagian New Jersey.

Tidak hanya itu, di dalam eksibisi ini juga menampilkan gitar terbesar di dunia yang bisa dimainkan, yang merupakan pemegang rekor dan telah dicatat oleh the Guinness Book of Records. Gitar yang selesai dibuat sekitar 10 tahun yang lalu ini oleh sebuah akademi sains di Houston, Texas, mempunyai berat 1020 kg dan panjang 4, 9 meter.  Layaknya gitar biasa, gitar raksasa ini benar-benar bisa digenjreng dan dimainkan, tentu dengan hasil suara yang seadanya.

2. Terompet Terbesar di Dunia

rekor dunia

TONDANO, 1/11. TEROMPET TERBESAR. Sejumlah pemain musik bambu berlindung di bawah terompet yang masuk dalam rekor dunia sebagai terompet terbesar di Tondano, Sulawesi Utara, Sabtu (31/10). Terompet dengan ukuran panjang 32 meter, diameter 5,20 meter, Keliling lingkaran 6,80 Meter dan berat 3 ton mendapat penghargaan Dari Guinness World Record (GWR) sebagai terompet terbesar. FOTO ANTARA/ Basrul Haq/ss/pd/09.

3. Angklung Terbesar

angklung terbesar

Inilah replica alat music angklung terbesar di Indonesia. Angklung ini berukuran 5 meter x 10 meter dan berdiameter 60 cm. angklung ini dipamerkan saat HUT RI ke-63 di Bandung Indah Plaza, Bandung.

4. Kolintang Terbesar di Dunia

Bersamaan dengan pemecahan rekor dunia orkestra bambu, Benny J. Mamoto sekaligus mendapatkan penghargaan atas kolintang terbesar di dunia yang ia ciptakan. Ukuran kolintang tersebut adalah panjang 8 meter; tinggi 2,5 meter, dan lebar 2 meter.

5. Biola Terbesar di Dunia

Biola terbesar di dunia. Biola ini jelas tidak akan bisa di panggul di bahu seorang violis dan memainkannya, karena ukuran panjangnya 4.28 meter, lebar 1.45 meter dan berat mencapai 100 Kg

6. Saxophone Terbesar di Dunia

Saxophone ini di buat di german dengan ukuran tinggi kurang lebih 1,5 meter dan lebar 200 Cm.

7. Piano Pipa Organ Terbesar di Dunia

Pipa organ adalah sejenis organ yang menggunakan pipa – pipa dari berbagai ukuran, dari yang terkecil hingga yang terbesar. Karena setiap Organ pipa menghaslkan pitch tunggal, pipa – pipa tersebut disediakan pada 1 set yang disebut rank, yang setiap barisan tersebut memiliki timbre yang umum dan volume, yang dimainkan melalui keyboard.

Organ pipa ini juga memiliki 1 atau beberapa keyboard, dan papan pedal sama seperti piano. Bedanya, saat ditekan terus, not tersebut akan berbunyi terus hingga berhenti ditekan. Alat musik ini dimainkan hanya oleh 1 orang saja.

Alat musik ini biasa dipakai pada katerdal – katerdal besar. Mungkin kalau yang masih awam memang sulit mengenali suara yang dihasilkan alat musik ini. Tapi kalau anda lebih mengenal lagu pernikahan pada gereja – gereja pasti anda tau.

Cara Kerja

8. Drum Set Terbesar di Dunia

Drum set terbesar sedunia, milik Mark Temperato ini terdiri dari 813 buah instrumen. Ukurannya yang fantastis itu memiliki berat total 2,5 ton dan membutuhkan waktu perawatan 17 jam setiap minggunya.

Seluruh instrumen tersebut juga berfungsi normal dan Mark mampu membedakan setiap suara yang dihasilkan. Pemilik nama panggung RevM mengaku bisa membunyikan seluruh bagian drumnya tanpa menggeser badan dari tempat duduk. Beberapa instrumen terletak jarak 2 meter satu sama lain sehingga membuat Mark membutuhkan waktu satu jam untuk membunyikan semuanya.

Drum tersebut memiliki campuran instrumen mulai dari drum, simbal, lonceng sapi dan lainnya yang berbunyi saat dipukul. Mark mengaku berhenti di jumlah 813 karena sesuai dengan hari ulang tahunnya pada 13 Agustus. Untuk mengumpulkan seluruh instrumen itu dibutuhkan waktu 20 tahun. “Tidak banyak orang yang memainkannya dan harus melihatnya sendiri untuk mempercayai seberapa besar ukurannya,” ucap Mark. “Saya telah banyak menghabiskan waktu untuk membuat ini, tapi impianku menembus angka 1000 instrumen. Ini suatu kebanggaan jadi bagian Guinness World Records dan menginspirasi generasi muda.”

=========== Trimakasih Atas Kunjungannya ===========

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s