Manfaat Menyanyi Bagi Kesehatan

Manfaat Menyanyi Bagi Kesehatan | Kebanyakan orang pasti pernah bernyanyi, walau cuma sekali dalam kehidupannya. Untuk bernyanyi, tidak harus mesti ikuti kontes menyanyi serta jadi penyanyi profesional dahulu kan. Yang utama yaitu dapat menghibur diri, meskipun cuma bergumam atau bersiul-siul.

Saat menyanyi atau mendengarkan lagu favorite, tampak perasaan suka, bahagia, seolah-olah seluruh permasalahan hidup hilang saat itu juga. Semua vokalis pasti merasakan hal semacam ini. Menyanyi memang sangat terkait erat dengan kesehatan emosiona.

Manfaat menyanyi bagi kesehatan :

  1. Menyehatkan paru-paru. Dengan bernyanyi, paru-paru kita akan sehat dan kuat, hal ini terjadi karena adanya kontraksi otot.
  2. Meningkatkan energi. Saat bernyanyi, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat kita lebih bersemangat dan berenergi. Pelepasan hormon endorfin ini juga bisa meningkatkan mood atau suasana hati kita.
  3. Menjaga suara tetap nyaring. Bernyanyi merupakan cara yang baik untuk latihan pita suara dan menjaga suara agar tetap jernih dan nyaring.
  4. Menguatkan otot. Otot yang dikuatkan adalah otot perut, terutama diafragma. Namun, ini terjadi jika cara bernyanyinya benar, yaitu menggunakan otot perut, karena masih sering saya jumpai orang bernyanyi menggunakan otot leher.
  5. Membuat wajah terlihat awet muda. Ini terjadi karena ketika bernyanyi, otot-otot wajah kita akan menjadi kuat, kencang, sehingga wajahpun terlihat awet muda.

  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa terjadi Karena saat bernyanyi, sirkulasi darah dalam tubuh kita meningkat, sehingga akan terjadi oksidasi sel karena proses ini. Hasilnya imunoglobulin A dan sel T dalam tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi ringan pun ikut meningkat.
  7. Menyembuhkan insomnia. Imsomnia membuat kita jadi bete. Cobalah untuk bernyanyi. Stres yang hilang karena bernyanyi akan membuat kita segera memejamkan mata.
  8. Memperbaiki postur tubuh. Posisi bernyanyi yang benar, membuat postur tubuh akan tertata. Punggung dan bahu menjadi lurus, dan akhirnya postur tubuh pun menjadi lebih baik.
Kesimpulan ini didapat setelah tim peneliti dari Harvard University, AS, meminta para pasien di sebuah rumah sakit untuk menghapalkan lirik dan menyanyikan lagu kesukaan mereka masing-masing 5-6 kali dalam seminggu.

Hasilnya, lebih dari 70 persen pasien mengalami pemulihan lebih cepat dari perkiraan dokter sebelumnya. Peneliti beranggapan bahwa bernyanyi dapat mengalihkan perhatian otak yang mempengaruhi rasa sakit. Dan beberapa responden mengaku bahwa dengan bernyanyi secara rutin, rasa sakit mereka mulai berkurang.

Hal senada juga disampaikan Profesor Graham Welch dari sekolah musik di Institut Pendidikan Universitas London, Inggris.

Beliau menyatakan bahwa bernyanyi dapat menyehatkan jantung dan paru-paru, karena bernyanyi merupakan aktivitas aerobik yang mampu meningkatkan pasokan oksigen dalam darah dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular.

Baca Juga => Dasar – Dasar Dalam Bernyanyi

~ Semoga Bermanfaat ~

One thought on “Manfaat Menyanyi Bagi Kesehatan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s