Cara Mengetahui Bakat Musik Yang Dimiliki

Cara Mengetahui Bakat Musik Yang Dimiliki | Beragam pertanyaan kerap muncul saat seorang ingin belajar bermain musik. Pertanyaan itu diantaranya bisakah orang belajar musik walau sebenarnya tak mempunyai bakat? Disisi lain apakah cukup hanya berbekal ketertarikan seorang bisa belajar musik? Lantas bagaimanakah dengan orang yang sangatlah berkeinginan pada musik namun tak memiliki bakat. Tapi apa salahnya mencoba dan mencoba hingga bakat itu muncul karena hasil kerja keras kita. Berikut ulasan mengenai cara mengetahui bakat musik yang dimiliki, Langsung saja Cihuuyyy 😀

1. Cobalah Memainkan Alat Musik

Cara mengetahui bakat musik seseorang yang pertama yaitu dengan menyuruhnya memainkan alat musik, karena dengan mencoba memainkan alat musik tersebut kita bisa sedikit tau, apakah orang tersebut memiliki bakat dalam musik atau tidak, yaitu dengan cara melihat bagaimana cara mereka memegang, memainkan, memetik, menyentuh, menggerakkan, semua akan terlihat saat mereka mencoba memainkan alat musiknya. Jika cara mereka memainkan alat musiknya baik dari cara pemegangan, sentuhan awal dll seperti para pemusik yang sudah bisa memainkannya, ada kemungkinan dia memang bakat di bidang musik tersebut. Tapi sebaliknya jika mereka terlihat sangat – sangat sulit untuk memainkan dan tidak nyaman rasanya, berarti orang tersebut dalam bakat musiknya masih kurang.

2. Kecepatan Dalam Penguasaan

Kecepatan Dalam penguasaan alat musik yang sedang digeluti memang sangat menunjukkan bakat musik yang dimiliki orang tersebut. Bagaimana tidak, Berdasarkan pengalaman kalau seseorang tidak memiliki bakat dalam bidang musik kecepatan dan penguasaan alat musiknya jauh lebih lama dibandingkan seseorang yang memiliki bakat musik, meskipun orang tersebut tidak memiliki alat musik tapi dia memiliki bakat, orang yang memiliki bakat tetap akan lebih cepat dalam penguasaan alat musiknya dibandingkan yang tidak memiliki bakat musik tapi memiliki alat musik. Tapi memang setiap individu berbeda – beda karena ada juga seseorang yang memiliki alat musik pasti akan lebih cepat bisa dari pada yang tidak memliki alat musik, karena latihannya yang bisa sewaktu – waktu dan terus belajar belajar dan belajar, kemungkinan untuk menguasainya juga akan lebih cepat.

BACA JUGA => 7 Penyebab Seseorang Sulit Belajar Musik

3. Waktu Latian Yang Cukup Singkat

Waktu untuk berlatih musik jika orang tersebut memiliki bakat musik akan relatif lebih singkat karena bakat musik yang dimiliki akan menuntunnya mudah dalam menguasai teknik – teknik dalam memainkan alat musik. Berbeda dengan seseorang yang tidak memiliki bakat musik, mereka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menguasai 1 teknik atau beberapa teknik dalam memainkan alat musik, mereka akan menemui banyak kesulitan tapi jika disertai dengan niat ingin belajar yang kuat dan pantang menyerah mereka akan menuai hasil yang memuaskan.

4. Menunjukkan Progress Yang Cepat dan Signifikan

Seseorang yang memiliki bakat musik mereka akan menunjukkan progress yang cepat dan signifikan, mereka cepat dalam penguasaan teknik yang menghasilkan progress yang sangat signifikan pada kemampuan / skill yang dimilikinya. Berbeda dengan seseorang yang tidak memiliki bakat musik, mereka akan menunjukkan progress yang cukup lambat dalam peningkatan kemampuannya dalam memainkan alat musik.

5. Peka Dalam Hal Musik

Kepekaan dalam hal musik ini pasti dimiliki oleh seseorang yang memiliki bakat musik. Kepekaan ini muncul dari dalam diri mereka yang membuat mereka cepat dalam menangkap teknik ataupun musik yang sedang di pelajari atau di dengarkan, juga dari skillnya akan lebih peka. Kemungkinan kecil juga akan dimiliki oleh orang yang tidak memiliki bakat musik, tapi sebagian besar mereka akan sedikit buta dan sulit atau tidak peka dengan musik. Mereka juga akan sulit memahami musik ataupun alat musiknya.

6. Tidak Malas Berlatih

Pasti karena seseorang yang memiliki bakat musik akan giat terus belatih karena mereka tidaklah sangat sulit untuk menguasai sebuah teknik, itu karena bakat musik yang dimilikinya membuatnya ingin lebih lebih dan lebih, ingin meningkatkan skill terus dan terus. Sedangkan Malas berlatih itu adalah musuh dari seseorang yang tidak memiliki bakat musik, karena mereka akan menghadapi banyak kesulitan sehingga mereka malas untuk berlatih lagi, tapi niat ingin belajar dan ingin bisa adalah motivasi yang muncul dari dalam diri yang memiliki cita – cita dan keinginan kuat yang akan menanggalkan rasa malas yang datang.

7. Multitalent

Seseorang yang memiliki bakat musik biasanya memiliki bakat tidak dalam satu bidang alat musik saja, mereka biasanya akan lebih mudah untuk menguasai alat musik lainnya. Untuk yang tidak memiliki bakat musik mereka akan lebih menekuni 1 alat musik yang mereka sudah pilih, untuk mencoba alat musik lain lagi mereka akan berpikir 2 kali, karena sulitnya mereka untuk menguasai sebuah alat musik.

~Semoga Bermanfaat 🙂 ~

One thought on “Cara Mengetahui Bakat Musik Yang Dimiliki

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s