Mengenal Alat Musik Keyboard

Jika dilihat dari penampilan fisiknya, Keyboard berbeda dengan Grand Piano. Keyboard terlihat lebih kecil dan lebih ringan, sehingga sangat mudah untuk dipindahkan atau dibawa. Suara yang dihasilkanpun agak berbeda dibandingkan dengan grand piano.

Alat musik Keyboard mendapatkan suaranya dari manipulasi kunci-kunci. Ada yang ditekan (menggunakan jari tangan), dan ada juga yang dipijak (menggunakan kaki). Susunan Keyboard arahnya mengikuti logika, dari kiri nada-nada rendah, ke kanan nada-nada tinggi. Susunan kiri-kanan bass ke treble juga berlaku demikian.

<<< Sejarah Keyboard >>>

Susunan deret kunci yang kromatik (mencakup 12 nada) muncul di Eropa pada abad ke-14. Pada awal kemunculannya, bilah-bilah (tutsnya) masih dalam ukuran sangat lebar. Satu bilah bisa beberapa sentimeter lebarnya, hingga tidak banyak nada harmoni yang bisa dihasilkan. Baru pada abad ke-16, muncul pembakuan tuts. Ini berarti nada diatonik bisa dicakup dalam lebar satu tangan, hingga musik harmonik pun bisa dihasilkan. Pada perkembangan baru ini, kunci putih dan hitam juga sudah diciptakan.

Keyboard elektronik baru muncul pada abad ke-20. Pertama kali dipasarkan oleh Laurens Hammond di Amerika Serikat pada tahun 1935. Sejak saat itu mulai berkembang instrumen yang sekarang ini menjadi rajanya alat musik. Suara orkes simponi pun dengan puluhan instrumen bisa dihasilkan oleh satu buah Keyboard saja.

Era Synthesizer
Munculnya transistor silikon dengan harga yang murah dan kualitas atas memudahkan upaya para insinyur untuk mengembangkan instrumen musik penghasil suara. Alat yang ringkas dan dapat menghasilkan suara konvensional seperti suara akustik sebagaimana yang dihasilkan dawai, gendang, atau alat tiup, maupun suara yang tidak lazim seperti suara atonal semacam derit antar logam.

Pada tahun 1962 seorang insinyur Italia Paolo Ketoff mengeluarkan instrumen yang disebut Synket. Alat ini menghasilkan musik eksperimental yang bagi pendengar awam tidak musikal. Dua tahun kemudian di Amerika muncul alat musik yang diciptakan Donald Buchla dan satunya oleh Robert Moog. Alat Donald Buchla tidak menggunakan kibor sebagai perangkat memainkannya melainkan dengan permukaan yang sensitif terhadap sentuhan. Robert Moog membuat alat yang menggunakan kibor sebagai perangkat pengolahnya. Di sisinya pun dipasang alat pengontrol yang konvensional seperti tombol putar untuk mengeraskan dan memelainkan suara, maupun untuk mengatur tinggi rendahnya nada yang dihasilkan.

Ciptaan Robert Moog ini lebih memudahkan penggunaannya untuk mengalunkan musik tradisional dalam tatanan suara baru. Karya-karya Johan Sebastian Bach bisa dimainkan dengan Mini Moog, begitu alatnya disebut. Ketika itu alat ini belum bisa memainkan nada harmonik. Hanya satu-satu nada bisa dimainkan, hingga instrumen ini populer sebagai pembawa melodi pada musik pop. Musik rock termasuk yang pertama mengadopsi alat ini dalam genre progresive rock pada band seperti Yes, Genesis, Emerson Lake and Palmer.

Era Digital
Baru pada tahun 1980 synthesizer dapat mengeluarkan suara harmonik. Peralatan pertama yang terkenal adalah Yamaha DX-7 yang keluar 1983. Peralatan ini menggunakan pengembangan synthesizer dari zaman Robert Moog dengan Frequenty Modulation Synthesis yang dirancang oleh John Chowning dari Stanford University di Palo Alto, California. FM menghasilkan variasi timbre dengan cara mengubah frekuensi suatu gelombang dengan amplitudo gelombang lain yang proposional. Yamaha DX-7 memiliki kibor lima oktaf. Lebih dari 100.000 perangkat ini dijual Yamaha.

Kemudian pada tahun berikutnya Casio mengeluarkan CZ-101 yang menggunakan baterai untuk tenaganya. Memiliki empat suara dan mengikuti kemampuan synthesizer analog. Harga jual CZ-101 ini hanya seperempat dari harga Yamaha DX-7 hingga popularitas kibor elektronik menjadi sangat meningkat. Suara-suara bisa direkam. Hasil rekaman ini berupa gelombang nada yang diterjemahkan sebagai data digital. Data digital ini bisa diolah dan dibunyikan ulang dengan kontrol musikal. Ini yang disebut sampling instrument. Sampling ini telah menjadi bagian yang umum dalam instrumen kibor elektronik.

Sampling pertama dikeluarkan pada tahun 1970 oleh Fairlight Computer Musical Instrumen (CMI) di Sydney, Australia. Fairlight CMI adalah perangkat komputer umum dengan tambahan perangkat yang dapat merekam dan mengubahnya jadi data digital (digitize), kemudian menyimpan dan memainkan ulang pada instrumen kibor.

Kemampuan simpan dan memainkan ulang ini dikembangkan oleh Raymond Kurzweil pada tahun 1984 melalui perangkat yang disebut Kurzweil 250. Pada kibornya itu terdapat kode-kode digital dari suara grand piano, alat musik gesek (string), dan banyak lagi timbre alat musik orkestra. Alat ini selain ditujukan untuk penggunaan pertunjukan juga ditujukan untuk membuat komposisi. Kibor yang berkembang dengan kemampuan synthesizer polifoni dan sampling disebut workstation musikal.

Pada tahun 1983 beberapa manufaktur instrumen musik bersepakat untuk tata cara menggabungkan berbagai peralatan musik agar bisa bekerja dalam suatu perangkat komputer. Hasilnya adalah Musical Instrument Digital Interface atau MIDI.

MIDI menjadi cara untuk memerintahkan nada apa yang dimainkan dalam timbre apa, nuansa apa, dan seterusnya. Dengan perangkat komputer dan program yang sesuai maka dapat dilakukan seperti apa yang bisa dikerjakan pada workstation musikal yang canggih. Sekarang ini dunia pertunjukan musik selalu menyertakan instrumen ringkas kibor elektronik seperti ini.

Dan di Era Digital ini, dibanyak tempat pertunjukan sekarang ini, sangat tidak aneh melihat seorang pemain Keyboard solo yang memainkan musik lengkap seperti sebuah band sedang bermain. Ada suara melodi gitar, pengiring piano, suara gitar bas dan derap drum. Inilah Keyboard yang dinamakan multifungsi.

Alat musik Keyboard yang didukung kelengkapan teknologi suara digital memang semakin dicari orang. Apalagi, instrumen dengan sederetan tuts itu kini bisa ditugaskan berlipat ganda. Keyboard dapat mewakili berbagai suara alat musik yang lain. Bakat bermusik bisa lebih ditunjang oleh perangkat yang multifungsi, yakni keyboard. Maka jangan heran bila yang berbelanja instrumen musik serbaguna tidak hanya dilakukan oleh para pekerja musik. Ini dikarenakan hampir setiap orang ingin menghasilkan musik yang indah atau enak didengar.

<<< Pengertian Keyboard >>>

 Keyboard berasal dari kata key yang berarti kunci. Sedangkan board berarti papan. Keyboard artinya alat musik yang terdiri dari sekumpulan tuts pada sebuah bidang yang mirip papan (board).

Ciri-ciri alat musik keyboard :
– Umumnya memiliki tuts 5 oktaf., pada beberapa tipe dan merek tertentu ada yang lebih dari 5 oktaf.
– Pengoperasiannya harus menggunakan listrik.
– Memiliki berbagai macam suara mulai dari suara piano, flute, gitar, drum dan lain-lain.
– Dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur-fitur seperti style (musik iringan), karaoke, fitur untuk merekam dan lain-lain.

Keyboard dimainkan dengan menggunakan sepuluh jari yang dimainkan pada tuts sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan sementara chord untuk mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.

Organ tunggal atau keyboard pada masa sekarang ini sudah menjadi alat musik yang banyak digunakan orang dan sudah memasyarakat. Banyak tempat hiburan atau pada acara perayaan tertentu yang menggunakan keyboard sebagai alat musik utama untuk mengiringi penyanyi.

Keyboard digemari banyak orang karena memliki keistimewaan salah satunya dapat menghasilkan berbagai jenis suara alat musik. Dengan bermain keyboard, dapat menghasilkan musik yang menyerupai grup band. Di Indonesia sering masyarakat menyebutnya sebagai organ tunggal. Sementara di Luar negeri alat musik keyboard disebut sebagai one man band.

<<< Jenis – Jenis Keyboard >>>

Secara umum keyboard saya bagi menjadi 3 bagian ( saya sebut “saya bagi” karena ini memang pengklasifikasian saya sendiri, sangat mungkin ada pengklasifikasian oleh orang lain, tapi saya pikir tidak akan terdapat banyak perbedaan)
Yaitu :

  • Accompaniment Keyboard

Juga disebut “electone keyboard” (walau istilah ini agak kurang tepat) juga populer dengan sebutan “organ tunggal” atau “keyboard tunggal”. Dari namanya , “accompaniment”, dari asal kata “company” yang berarti “teman” atau “rombongan”, yang maksudnya keyboard ini memiliki kemampuan untuk menjadi “teman” bagi penggunanya atau bahkan menyediakan “rombongan bala bantuan” berupa pemain drum, pemain bass, pemain gitar bahkan serombongan pemain string section dan brass section virtual dalam paket fasilitas yang disebut “STYLE”.

STYLE adalah sebuah fasilitas yang menjadi ciri khas dari accompaniment keyboard, dimana STYLE menyediakan iringan band lengkap (biasanya terdiri dari drum, bass, piano, gitar, strings, brass, percussion, dll) sesuai dengan genre musik yang dipilih oleh penggunanya. Kord pada STYLE dapat dikendalikan dengan bebas dengan menekan kord pada area kiri keyboard (biasanya pada setting default berkisar pada oktaf 1 sampai nada F# (yamaha) atau sampai nada B oktaf ke 2(korg/roland)), selain itu fasilitas STYLE juga dilengkapi dengan berbagai tombol yang dapat mengatur tingkat kompleksitas bebunyian pada STYLE, juga mengatur berbagai macam fill in drum pada lagu secara live/real time.

Jadi dengan adanya fasilitas STYLE, seorang pemain keyboard sanggup memainkan lagu dengan seolah-olah menghadirkan serombongan pemain band (oleh karena itulah disebut “organ tunggal” atau “keyboard tunggal Tuts dari kibord jenis ini biasanya relatif “ringan”(cth : yamaha PSR series) atau “biasa” (cth : korg Pa50) yang disebut “synth action keys”.

Accompaniment keyboard biasanya dibekali dengan tuts sebanyak 61 keys/5 oktaf (cth : PSR3000, korg Pa80), namun pada pro level, ada juga yang memiliki 76 keys (cth : Pa2Xpro, VA76) bahkan 88 keys (Pa588, Clavinova CVP series, DGX series).
Ukuran tutsnya biasanya juga antara “biasa” (korg Pa series) atau bahkan sedikit lebih kecil (yamaha PSR series) dari ukuran standar (dalam hal ini saya menggunakan tuts piano akustik yamaha C7 atau organ drawbar hammond B3 sebagai standar pembanding).

Keyboard ini harganya RELATIF murah terutama untuk entry level (yamaha PSR series, korg Pa series), namun Pro level-nya sangat mahal ! (korg Pa2Xpro, Yamaha Tyros series).

Karena ROM (read only memory)-nya harus berbagi tempat dengan STYLE, sound/patch/tone dari accompaniment keyboard umumnya lebih tipis daripada keyboard jenis lainnya, sebagai contoh, keyboard jenis ini biasanya dibekali dengan sound piano dengan kualitas yang relatif buruk, (contoh terburuk Yamaha PSR, IMHO lho ya^ ^) namun hal ini tidak berlaku sepenuhnya pada pro level.

Oleh karena itu, keyboard jenis ini biasanya RELATIF tidak cocok dipakai untuk keperluan band, keyboard panggung band, atau rekaman, namun tentu saja hal ini juga relatif, berpulang kembali kepada selera tiap-tiap orang.

Keyboard jenis ini sangat cocok untuk jadi keyboard pertama anda yang baru akan memulai belajar keyboard, ingat, belajar KEYBOARD, bukan PIANO ! karena sistem operasi dari kontrol panel keyboard jenis ini biasanya cukup sederhana dan mudah dipahami, bahkan oleh orang yang baru pertama kali mengoperasikan keyboard.

Keyboard jenis ini adalah untuk keperluan:
+ Pemain keyboard tunggal professional. (PA500/800, Pa2Xpro, Tyros, KN7000, dll).
+ Anda yang ingin belajar keyboard untuk teman bernyanyi di saat santai anda di rumah. (PSR E series, PSR s700, Pa50, dll)
+ Café atau resto berukuran kecil dengan pemain tunggal dan penyanyi saja. (PA series, PSR seri atas, KN series, dll)
+ Gereja atau persekutuan doa kecil dengan pemain musik tunggal. (PA series, PSR seri atas, KN series, dll)
+ Keyboard sekolah/kursus. (PA series, PSR seri atas, KN series, dll)
+ Keyboard pertama anak anda. (PA series, PSR seri atas, KN series, dll)
+ Dll

Contoh keyboard jenis ini adalah:
+ Technics KN series (KN2000, KN5000, sx-KN2600, sx-KN7000)
+ Roland E series (E96, E66, E60, E80, dll)
+ Roland G series (G800, G1000, G70, dll)
+ Roland EM series (EM15, EM35, EM2000, dll)
+ Roland VA series (VA3, VA7, VA76, dll)
+ Roland EXR series (EXR5, EXR7’s, dll)
+ Yamaha PSR series (PSR E304, PSR 3000, PSR S910, dll)
+ Korg i Series (i5s, i4, i30, dll)
+ Korg Pa series (Pa80, Pa50, Pa800, Pa2Xpro)
+ Casio CTK series
+ dll

Sekali lagi saya ingatkan keyboard ini biasanya sangatlah tidak cocok untuk keperluan band!

  • Keyboard Mono Timbral

undefined( mono = satu, timbral atau timbre = suara), yaitu keyboard yang dalam satu kesempatan dapat menghasilkan satu macam suara instrumen saja walaupun keyboard tersebut memiliki banyak macam suara. Misalnya suara piano, flute, gitar, drum, dsb. Keyboard ini banyak digunakan pada kalangan profesional, misalnya pada band ataupun bisnis rekaman mengingat keyboard ini memiliki kwalitas serta warna suara yang bagus. Contoh produk keyboard synthesizer mono timbral seperti misalnya roland D 5, roland D 50, yamaha DX 7, dsb.

  • Keyboard Multi Timbral

(multi = banyak, timbral = suara), yaitu keyboard yang dalam satu kesempatan dapat menghasilkan lebih dari satu macam suara instrumen musik. Misalnya suara piano, gitar, flute, drum mampu berbunyi secara bersama-sama. Keyboard ini cocok untuk penggarapan aransemen. Keyboard ini banyak digunakan dalam kegiatan rekaman. Contoh produk keyboard multi timbral seperti misalnya yamaha SY 77, roland JV series, roland XP series.

  • Digital Piano Keyboard

Sesuai dari namanya maka dapat dibayangkan fungsi dan karakteristik keyboard jenis ini adalah sebagai substitusi (pengganti) piano.

Sebagai keyboard yang merupakan substitusi piano akustik (yang biasanya berukuran besar, berat, tidak portabel), digital piano biasanya dipersenjatai dengan sound-sound piano akustik dan elektrik yang sangat mumpuni di kelasnya.

Ciri khas dari keyboard ini biasanya memiliki panjang 88 keys (walaupun saat ini juga ada beberapa yang memiliki 76 atau 73 keys) dengan berat tuts yang dirancang semirip mungkin dengan tuts piano yang sebenarnya (dikenal dengan sebutan “full weighted hammer atau setidaknya dengan berat tuts yang mendekati berat tuts piano yang sebenarnya disebut “semi weighted hammer

Pada entry level, biaanya keyboard jenis ini hanya dibekali dengan sound-sound piano, elektrik piano, strings, pad, dan organ saja, namun pada pro level, juga ada yang dilengkapi dengan sound-sound lain (walaupun biasanya kualitas sound lainnya tersebut RELATIF buruk).

Control panel pada keyboard jenis ini, biasanya juga relatif sangat mudah, bahkan termasuk yang termudah dari jenis-jenis lainnya karena digital piano biasanya memfokuskan diri pada piano saja.

Oleh karena sound pianonya yang mumpuni, digital piano cocok untuk dijadikan sebagai salah satu keyboard stage, keyboard studio, ato keyboard rumahan untuk pemain piano yang menginginkan sound dan touch feel piano, namun terkendala dengan harga piano yang mahal dan ruangan yang kecil, atau takut suara piano akustik yang besar mengganggu tetangga.

Harga dari digital piano adalah bervariasi, dari yang relatif murah (7-10 jutaan) sampai yang luar biasa mahal (40-50an juta).

Namun, perlu diingat, karena ukurannya yang biasanya panjang (dan besar) digital piano tidak cocok untuk keperluan mobile (dibawa-bawa) kecuali pada beberapa seri yang memang dirancang berukuran lebih kecil seperti Nord Electro, atau Kurzweil Sp88.

Keyboard jenis ini sangat cocok untuk:
+ Salah satu keyboard panggung (RD700sx, SV1, CP300)
+ Salah satu keyboard studio (V-Piano, Nord Piano, SV1, SP88x)
+ Keyboard utama gereja yang menggunakan band (SP88x, CP33)
+ Keyboard rumahan untuk pianist terutama pianist pemula (FP5, YDP5)
+ Keyboard untuk keperluan kursus/sekolah (FP5, YDP5)
+ Untuk anda pemain band terutama jazz atau pop (SP88x, SV1, Nord Electro)

Contoh Keyboard jenis ini adalah:
+ Roland RD series (RD500, RD700sx, RD300gx, dll)
+ Roland FP series
+ Roland V-Piano
+ Kurzweil SP series (SP88, SP2x, dll)
+ Korg SP series (SP100, SP250, SP250, SP500)
+ Korg SV1
+ Yamaha P series (P70, P140, P250, dll)
+ Yamaha CP series (CP33, CP300, CP1, dll)
+ Yamaha Clavinova YDP series
+ Nord Electro series
+ Nord Stage series
+ Nord Piano
+ Kawai MP series (MP4, MP8II, dll)
+ Dll

  • Digital Synthesizer & Workstation keyboard

Membaca sub judul ke 3 ini mungkin ada juga sebagian dari anda yang bertanya-tanya, apakah ada 2 judul yang dibicarakan pada sub judul ini?

Jawabannya adalah ya dan tidak.

Ya karena kedua jenis keyboard diatas tidak sepenuhnya sama. Tidak karena ada cukup banyak kesamaan diantara keduanya.

Digital synthesizer adalah keyboard yang dibekali dengan persedian sound yang relatif lebih banyak dan lebih baik dari pada jenis keyboard lainnya, dengan kemampuan penuh untuk mengutak-atik (editing), menggabungkan (combining), bahkan membangun sound baru (creating).

Ditilik dari asal katanya “sintesis” artinya adalah “menggabungkan” atau juga “menyerupai seperti” , Synthesizer mampu menciptakan sound yang menyerupai sound instrument lain, dengan menggabung-gabungkan berbagai parameter sound.
Sedang digital di sini maksudnya synthesizer ini menggunakan prosesor komputer dalam melaksanakan pekerjaannya dan menghasilkan data-data yang digital pula.

Sedangkan Workstation adalah digital synth yang dilengkapi dengan kemampuan yang lebih kompleks lagi, (seperti kemampuan sebagai sequencer berkapasitas besar, membuat arpegio, looping, tracking vokal, dan merekam alat musik lain pada sequencer, bahkan sampling) sehingga dapat berfungsi selayaknya sebuah studio mini, sesuai dengan arti harfiah namanya (Work = kerja, station = stasiun/pos, workstation = pos/stasiun kerja).

Arpegio berasal dari kata arp, yg berasal dari kata harp (harp), yaitu sebuah kata yang merujuk pada sebuah teknik bermain gitar atau piano, di mana nada-nada pada kord dimainkan secara beruntun, baik perlahan, maupun cepat, seperti bermain harpa.
Sedangkan arpegio yang dimaksud di sini adalah kemampuan sebuah keyboard yang mampu memainkan secara otomatis, bahkan membuat variasi sendiri, baik ritmik maupun susunan nada dari nada-nada atau kord yang kita tekan.

Sequencer adalah perekam multitrack, artinya perekam yang mampu merekam berbagai track (misalnya piano, bass, drum, string, gitar, dll) secara bergantian, lalu menggabungkan beragam track tersebut menjadi satu kesatuan musik.

Sequencer biasanya menggunakan sumber suara dari kibord yang bersangkutan, namun beberapa kibord-kibord saat ini juga mampu merekam sumber suara dari luar kibord, baik dengan cara sampling atau direkam langsung.

Sampling adalah sebuah tehnologi yang memungkinkan anda untung meng-capture (mengambil) sound dari sumber yang anda inginkan (gendang, suara manusia, dll) dan menjadikannya sebagai sound pada keyboard anda dengan proses editing tertentu.
Untuk wawasan anda, keyboard yang memiliki kemampuan sampling disebut “sampler”.

Sebagian besar Workstation terutama pro level workstation-workstation generasi sekarang memiliki fungsi sampling.

Keyboard jenis ini akan menjadi sahabat anda keyboardis yang memainkan berbagai jenis musik di stage bersama band anda, juga perangkat wajib studio anda, dengan kata lain penggunaannya berkisar di area semi-pro sampai professional.

User pemula disarankan untuk tidak melirik keyboard jenis Workstation dulu, terutama sebagai keyboard pertama anda, karena pengoperasiannya yang biasanya relatif rumit.

Digital synthesizer memiliki tingkat kerumitan yang biasanya lebih rendah, namun juga masih tetap tidak disarankan untuk pemula, karena keyboard di lini ini biasanya dirancang untuk user yang berada di area semi-pro sampai pro.

Range/panjang dari Digital synth/workstation adalah bervariasi, Mulai dari 61 keys (Triton, Mo6, Juno G, dll) 73 keys (M3-73), 76 keys (Fantom X7, PC3, Motif XF7), bahkan 88 keys (Fantom G8, S90xs, K2600x)

Jadi pada intinya keyboard jenis ini adalah untuk anda yang menginginkan kualitas sound yang maksimal, namun tidak memerlukan accompaniment.

Sound Piano pada jenis ini kualitas bervariasi. Beberapa merk memiliki sound piano yang biasa-biasa saja, namun biasanya tidak sampai buruk (hal ini relatif sesuai dengan zaman keyboard ini, keyboard-keyboard jenis ini keluaran tahun 1990an, memiliki sound piano yang kualitasnya dianggap cukup pada masa itu, namun tentu sangat kurang untuk saat ini). Tapi beberapa merk dan seri tertentu (Yamaha Motif series, Kurzweil PC series) memiliki sound piano yang luar biasa baik, bahkan sama baiknya atau malah lebih baik dari jenis keyboard piano digital.

Digital Synth sangat cocok untuk keperluan seperti:
+ Panggung band scoop kecil (kafe kecil)
+ Studio rental latihan
+ Rental alat musik budget menengah ke bawah
+ Keyboard pribadi, terutama untuk pemain yang masih semi professional dan mobile.

Berikut adalah beberapa contoh Digital Synth:
+ Roland Juno series baru (Juno G, Juno D, Juno Stage)
+ Korg Triton Le, Tr, X50, PS60
+ Yamaha MM series
+ Kurzweil PC1x

Workstation sangat cocok untuk keperluan seperti:
+ Studio rekaman pro
+ Panggung pro
+ Keyboard utama untuk musisi professional

Berikut adalah beberapa contoh Workstation:
+ Yamaha Motif Series
+ Roland Fantom series
+ Kurzweil K series
+ Kurzweil PC3
+ Korg Triton Series, Oasys, M3

  • Keyboard Hybrid

Yaitu keyboard yang memiliki fungsi dan ciri khas 2 jenis keyboard sekaligus, atau bahkan lebih.

a. Hybrid Piano + accompaniment :
Contoh:
– Yamaha Clavinova CVP series
– Korg Pa588

b. Hybrid Piano + Digital Synth/workstation
contoh :
– Yamaha Motif series 8
– Kurzweil Pc3x
– Kurzweil K2600x
– Roland Fantom Series 8
– Korg Triton series Pro X

<<< Bagian – Bagian Keyboard >>>

Seiring perkembangan teknologi, berbagai jenis, macam, merk, bentuk, ukuran keyboard bermunculan dengan karakteristik dan kecanggihan yang bervariasi, namun secara garis besar pada keyboard jenis accompaniment ini terdapat bagian-bagian yang sama dan sangat penting untuk diketahui sebelum dimainkannya. Bagian-bagian itu antara lain adalah:

1. Tombol On/ Off

Tombol ini merupakan tombol pertama yang kita gunakan,yakni untuk menyalakan keyboard setelah dihubungkan dengan listrik. Pertama kali keyboard dinyalakan biasanya suara yang muncul apabila tuts ditekan adalah suara piano.

2. Volume
Tombol ini digunakan untuk memperbesar dan memperkecil suara keyboard secara keseluruhan setelah tombol power dinyalakan.

3. Tombol Timbre/ Voice

Tombol ini digunakan untuk memilih berbagai jenis suara alat music, misalnya flute, gitar, piano, organ, dan lain sebagainya.

Tombol Rhythm

Tombol ini digunakan untuk memilih jenis irama music yang akan dimainkan, misalnya waltz, bossanova, rhumba, dan lain sebagainya.

Tombol Start/ stop

Tombol ini digunakan untuk memulai salah satu irama music/ rhythm. Begitu tombol star dipencet, keyboard akan menghasilkan irama pertama dalam bentuk bunyi drum. Jika tombol ini dipencet untuk yang kedua kalinya, bunyi drum akan berhenti, yakni sebagai tombol stop.

Tombol Tempo

Tombol ini digunakan untuk mengatur cepat lambatnya tempo dari irama yang telah dibunyikan setelah tombol strat dipencet.

Tombol Transpose

Tombol ini digunakan untuk menghasilkan chord dan music pada irama drum yang telah berbunyi setelah tombol start dipencet. Setelah tombol rhythm dan chord dipencet, tuts bagian kiri keyboard akan berfungsi sebagai pengiring

Tombol Intro/ Ending

Tombol ini digunakan dengan cara mempencet tombol tersebut untuk mengawali permainan keyboard dengan aransemen intro yang sudah ada dari masing-masing irama pada keyboard. Sedangkan untuk menutup lagu bias dilakukan dengan mempencet tombol ini juga, yang berarti sebagai tombol ending. Pada jenis keyboard tertentu intro dan ending diwadahi pada tombol yang berbeda/ terpisah, namun tetap pada fungsi yang sama.

Tombol Fill in

Tombol ini digunakan untuk membuat variasi ketukan dan irama music dalam bentuk variasi bunyi drum. Biasanya tombol ini digunakan untuk menghasilkan variasi ketukan sebelum kebagian reffren lagu, biasanya tombol bertuliskan fill in to variation. Sedangkan variasi ketukan sesudah reffren lagu, biasanya tombol bertuliskan fill in to original.

<<< Perbedaan Keyboard dan Piano >>>

Apa beda keyboard dengan digital piano? Hal pertama yang paling mencolok adalah model tuts-nya. Keyboard tidak menggunakan gradded hammer, melainkan model touch response. Ini artinya efek seperti mengetukkan palu tidak bisa Anda rasakan, karena itu tuts keyboard jauh lebih ringan untuk ditekan, dan rasanya seperti menekan plastik tanpa sensasi menekan tuts piano akustik. Rentang nada yang dimiliki juga lebih sedikit, hanya sepanjang 61 nada. Memotong nada atas dan nada bawah piano, dan menyisakan nada tengahnya saja.

Tetapi kelebihan keyboard adalah kemampuannya menghasilkan suara bermacam-macam alat musik. Ia juga memiliki kemampuan untuk memainkan irama dengan variasi yang banyak, sehingga kita bisa bermain diiringi sebuah band lengkap dengan bantuan hanya satu unit keyboard saja.

Sumber : http://natnatmrz.blogspot.com, http://servicepiano.blog.com, http://www.keyboardiz.com, http://www.Suaranada.wordpress.com, http://www.instruktur-musik.blogspot.com

<<<<<<< Trimakasih Atas Kunjungannya >>>>>>>

5 thoughts on “Mengenal Alat Musik Keyboard

  1. germin traktorpelna kalambuy glitery
    semele bland ogcopen zajebiscie
    plaszczyznie wykroczen amortyzatora
    przeklete
    wspolpracy
    wykusz skorki zasadach
    drukow ksiedzia
    ciast Spol wersion
    ziemia pulsziemi przemyt
    wyniko
    minewars
    razora pacht przetwory group
    arhkan wgrwanie
    rzuca barcode stycznia Muzyke
    rozgrywka
    tablica
    skladanie KRZYZYKOWY
    nawalnica dziedzicenia
    falandysz lema
    piosenkarz tanecznej

    fileserve pinow
    ucznia szafka bak dar
    ielsku
    predkosci antonio fodbal torrentow
    VIKING
    biologicznym Drag
    zaszyfrowana exchange
    Begg holiday
    dzvonie
    smakuje kanalow kalaga noskowski
    resuscytacja kopaczki stART
    kilof
    ekologiczne mistyczna athlon wyrownujace
    ponczochy Dobrowolska zaslone trodat
    NOWOZYTNE rownikowa dawca sownload
    Zabieraja sprzedawce wygacsla toruniu
    plock
    killaura
    ytube testo ibra
    rze sterowac

    Poker
    pokemons wlodzimierz omegle
    aleph friends anglia Opmann
    podbiegunowe wigety budowli klawiszem
    wodke glownym
    spoleczn obwodka hodowli
    idiota recznej TRANSPORTER
    startu
    Aela otomoto antkowiak kodek
    symulatro plamy ciagi
    onelione
    popolsku komputerowa sprawdzi zwycainy
    poringa dsp
    VERSION
    wybiegu rise
    GPS elewacji Overlord
    wiedzmina Thomas magique defield
    dlug
    mazovia
    calorocznych gotowiec

    podkladem spodniczkach obroty
    socha
    albumy skonczyl imieslowow
    obszau tabulatura
    serowniki shinny
    carbon tandeta chomikui
    dialog adios pozeracza
    korga szymulator white
    erocsson
    oleracea raportow ulepszen
    shotgun drukarce filmie fladze
    multiplay Chess
    kato crystal czatem
    aktywacj poincie creepery
    COVER
    pieczemy HSUPA
    rangers katowic wiatrem
    przelozyc sherek dem
    emocjonalna sysyemowych yutubr
    zadziala

    caravan
    tajemnicze strzelca
    nkwd procesu minecraftbez zwolnicy
    jakiej bagaznika
    frivw powonienia
    narysowac pool cwuczenia
    enigme skater prostokatu zaczyna
    rozwionzania lukasz worldunlock
    root
    sztywne
    abra billar
    dolar
    firma orangen cerber kartke
    finansowych gazetke plynu piaskowcem
    zlecen gotuj kampera ful
    zamiennik anty
    satlive nobile
    ulepszen wectra
    ptaszek
    modom sprAWDZAIN zaginionych

    zdjeciowe EGIS knife
    LEGO? odblokowa gwiazdkena ofercie
    niewidocznym
    dostane vitality wykupne
    soluszyn manna kossowska
    golab aku
    zlozenia easycap
    bazyliszek
    partnerzy
    ksiaze vwtool
    multiselect strugala sluchac
    rozwiazywac szablom losy
    macka polskku
    stranded
    podany samsunk patyku Wiosenna
    omnii osiagniecia kalicinska
    level other logowaniaia melody
    latinowoodu synowa mazdzie dokucraft
    watki sizar
    zapelniona corelwindvd dinej

    sylwestrem tescie utility
    bright sesja heroine
    angielskieg jacka zygmunta hormonalna
    puka bloog rybka
    szyszki
    kurew zlotej dir
    walharia tnp
    mugena
    radom przpadki maglownicy
    oswald sprzataczke strzyzenia Babci
    cyfrografia Honda zaborcow telelonu
    studen macica
    wordpad
    szalunkowy
    poiekun
    jutub motocross gatunki
    tumaczone
    zakopanego Fuks
    sieciowy stivenem bme
    fiesta

    lavoholics poglosnic wrogie
    kosmetycznej owoce tuszy forever”
    mandat photodex Daly
    szyc lozka
    blaszany
    tomton deep
    warfare
    wygaszaczy lomi tesry nottingham
    magica talenfon
    pttm navmax
    ulicom hammond ogrodach makrama
    TITANIC kzkgop advence
    atrakcje Kolakowski
    dowwload familiad generators
    intwrnet WERSIA opimie
    wyspach freizeit czujnikiem
    zweryfikowac AVAST rozmiarach disnay
    kosztowal bogactwo opadow
    rzucanie napremium zaklady Giganci
    demona dowolne

    zobaczymy wyszla czrwca biografii
    podwodnej Oswiatowe slomy
    dekiel hassia
    francais PLK stanowisku
    zwierzecych transgery Wirtualne
    modow
    shirt
    crkacowane mundurem podlad wfi
    nzane
    zatkana
    tucson wyludzenia
    przyczynily dekoracjami
    prs furia objasnienie liceach
    techniukm palringo Sommerferien wlaczam
    grubu pelenej helo malika
    titan zaprszenia straze
    ksiaze niektorych
    dzialce mankiw pac glosu
    kierownika samochodowy ipko single
    ubisoftu

    Hacking
    bagger rozliczen oszenie ifiszki
    foto
    cidha celin
    zazdroski budzet mila kyodai
    robozizny spradzianu
    wors MAP piatek husterty
    billingsley
    zakupie orencz
    wschodnia dyktatora dzialal iptak
    dziekanski gwalci karnym
    driverscan the
    smierco
    genrator koszykowka yesty lamecrafta
    parsa
    vivy
    trio
    terraria
    drgajacy usuniety wyjasnij kogo
    listkow uleczyc

    pokazala odcinkow czyscic waterfall
    piosenkii rycerze
    lazienkowa buta
    meble twittera alicia zajaczki
    dejan Mody zwierzece przyjaciolki
    RAYMAN guru
    sunac moocyklista dropu unlocked
    hansa dwujezycznej
    caligula
    pulpity ladwis conscripton astro
    slysze symole plastry czern
    certyfikatow potrawa
    kierownicza nelson balonyna piszmow
    flowers gbxchq
    dzwieku gimnazujm
    wilkow absolwenta tni lukasyno
    priwe adrenalyn cloud powiesc
    dyskografa instrukcaj
    polaczenie rocznicr radwanska
    frani thuumic monekraft tree

    potrzeba
    kibica
    inna palette sokolka galas
    matymatyka efolucja hemingway kombajnu
    rytm podstawowki Tokio
    popsuty torent petowiec
    zawiesil filozofia
    ROKU czyjes
    berniego
    laduj retard
    kryta Kuduro dotyczace
    friday YOUTUBE pazurem
    imieninami DING lekturnik
    xvi podarowac kkl
    weselu slodka iry
    elfa zarabiac cyl polaki
    Zychowicz
    kasola przyklad
    scenicc sygnowski dowland spead
    zarobicz gothic matheo dusz

    ksiazki mametalowa
    filmypl arriba zdrady mruczaca
    sredniej zaslony wydawnicto
    czapkie
    def plo
    hubnet
    dzwonwk czerech dokrewnego
    poslki Pdf manana
    segyzojejox
    teleskopowej trescia bikini inesign
    WIJENN bugi premmy antenie
    modulator
    ancient edukacja naznej
    rodzinno samojezdna ciosy
    pojedynczy Expert mikrofonem ronaldo
    jakies englia eMa jelonek
    tuz silkroad
    STROJ SIEDZENIE tcherere
    TABLET zbiologii dowloadn swiatel
    chomnikuj suplementy

    siatkowki many zakupu
    Jar hing
    panow dezaktywacji
    korczakowi skretu pozegnaie
    wamirem wiochy drakuroliz
    obrazach zadann
    makao glosne
    srzazga tapetki
    mialas BadBoy
    poznego CASE
    starmonety manchaster
    dziecinne bugo dokonaj
    lamiacy
    metali Birds nawgacje ixeperia
    romby dwoma
    wyrwigroszem nazywa
    Asghara normal scr przjaciele
    last tlumaczenia
    dialogow fast benelux umiejetnosc
    torrus orzechowe MARIO

    nights colombiana komunikat
    dzuma Zone kopalni
    skrzypek wrzuta
    mazi amerykan
    kilo landini Inspiro MONTAZ
    backtracku
    granicy tryboniw kipu
    krotkie piecyk
    ksiazke fleszem superowe modelowania
    kolowanka ijstalki gramatyczna produkuje
    nastoletni tower wamirem sil
    podrzednie PODSTAWOWEGO darkness peugeota
    znanych wolff
    cieplne stopy
    MixPlus seng
    dzianiny prywatni
    plas palahniuk pendriva witraz
    maitek wwwrozmowyw
    korzawska wor taen onejrzec
    zajebistych kow

    mysliwym dllfiles
    tetbooka pierszej calichomikuj
    budze geomatrii
    zic geograficzne kotra grze
    pryzmy hugo SYBERIA
    iformatyki sprawy
    PLUGIN Jokera
    rest proste rocki
    odpowiedzim kartom
    slowa setarrif
    stworzone noir etykiety recznego ruchom prepaid FAKTURY kolorowych KUCYKI laura alle odchodzaca ibotr ewzor japonskie calkowitej johna jnstaluje piramidalna Jach szostke zwierzat ramieniu wzmocnienie shootfighter klodzko doladowaniu extraonline mokre winietke wzrusza flipo flilmy histy services Splat mobail knight naciaganie chore flagami spartacusa podnosnikow vorbei ocynkowane zlomu niokie zetory malarstwo temetow Pit Odtwarzacz marichuane rozanca chelikopter dukatow malopolski odprezone Dziedzictwo odstapieniu downloag BELLE samulkiewicz ump wawawars wip jasnowidz webcam kolei klony heblarka belenus gaznika pezet hebrajskim lsword arhiwum kabine glony shake zgadywanki fajnegry object zbugowac mozajkowych pisownie podzielnosci mlyn dodaj

    Suka

    • Tidak bisaa .. keyboard irigan ad sendiri yg biasa di pakai electonenan .. kayak keyboard Korg Pa50 atau yamaha PSR S970 itu baru bs di pakai iringan ..
      Kalau workstation khusus untuk studio mini untuk memproduksi suara biasanya di pakai di studio recording

      Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s