Para Rockstars dan Orangtuanya

Sahabat Klinik Musik – John Olson memang dikenal sebagai fotografer dengan karya-karyanya di masa perang Vietnam, namun pada tahun 1971, ketika Olson bergabung di majalah Life sebagai fotografer termuda, dia pernah memiliki proyek photo series yang dikenal hingga sekarang. Photo series yang menampilkan sosok-sosok musisi terkenal di luar panggung.

Bukan, bukan tentang kegiatan sehari-hari para musisi papan atas, bukan juga tentang suasana di backstage, gaya hidup atau pun lainnya, namun tentang kehidupan para rockstars tersebut bersama orangtuanya.

John Olson mengerjakan photo series ini selama kurang lebih 15 bulan. Dia bekerja sama dengan Bill Graham, seorang promotor musik yang membantu hubungan Olson dengan para rockstars yang dipilihnya. Olson berpendapat bahwa para rockstars tersebut 100% berubah ketika di rumahnya, ketika berada di dekat para orangtua dan keluarganya.

Para rockstars tersebut sangat ramah, sangat sopan bahkan tentu saja tidak sedang mabuk. Ini lah suasana yang harus didokumentasikan, ada sebuah kekuatan dari para orangtua yang membius kebiasaan para rockstars, yang tentu saja tidak seperti di atas panggung.

Para rockstars tersebut memiliki ketenaran yang sangat luar biasa, para penggemarnya mampu melakukan apa saja untuk berinteraksi dan mendapatkan perhatian dari para rockstars ini. John Olson berhasil mendokumentasikan bagaimana para rockstars tersebut bisa berjiwa besar, bisa menjadi ‘manusia biasa’ bersama keluarganya, bersama para orangtuanya tercinta. Berikut ini adalah kumpulan karya-karya John Oslo yang terbit di majalah Life pada tahun 1971.

Frank Zappa di rumahnya di Los Angeles bersama ayahnya, Francis, ibunya Rosemarie, dan kucingnya di tahun 1970.

Frank Zappa di rumahnya di Los Angeles bersama ayahnya, Francis, ibunya Rosemarie, dan kucingnya di tahun 1970.

 Grace Slick dari The Jefferson Airplane’s Grace Slick berpose bersama ibunya, Virginia Wing, di ruang tengah rumah tempat dia tumbuh besar, Palo Alto, California pada tahun 1970.

Grace Slick dari The Jefferson Airplane’s Grace Slick berpose bersama ibunya, Virginia Wing, di ruang tengah rumah tempat dia tumbuh besar,  Palo Alto, California pada tahun 1970.

 Eric Clapton bersama neneknya Rose Clapp pada tahun 1970 di Surrey, Inggris.

Eric Clapton bersama neneknya Rose Clapp pada tahun 1970 di Surrey, England.

 David Crosby bersama ayahnya pada tahun 1970.

David Crosby bersama ayahnya pada tahun 1970.

 Joe Cocker bersama ibunya, pada tahun 1970.

Joe Cocker bersama ibunya, pada tahun 1970.

 Keluarga Jackson

Keluarga Jackson

Ikutin terus informasi musikmu di KLINIK MUSIK

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s