Genre Musik

Genre musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Musik juga dapat dikelompokan sesuai dengan kriteria lain, misalnya geografi. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik. (Sumber : Wikipedia)

MACAM – MACAM GENRE MUSIK

1. KLASIK (Classic)


          Musik klasik adalah musik yang indah yang intelektual yang selalu dinikmati (Hampir dari semua zaman) . Musik klasik ini berasal dari daerah eropa yang ada pada tahun 1750 – 1825 . dalam musik klasik ada beberapa periode tertentu dalam penggolonganya . dalam musik klasik terdapat beberapa musisi yang terkenal dalam genre musik ini diantaranya :
1. Mozart
2. Beethoven
3. Chopin
4. Johann Pachelbel

Dari ke empat musisi ternama diatas yang paling populer adalah Johann Pachelbel . Mungkin bila disebutkan dari namanya ada beberapa yang asing dengan beliau , tapi bila disebutkan karya nya “Canon in D” mungkin akan mengetahuinya . Musik itu menjadi banyak inspirasi musik bagi musisi yang sekarang bermuncuan di zaman – zaman sekarang .

Ciri – ciri Musik Klasik :

  • Penggunaan dinamika dari Keras menjadi Lembut, Crassendo dan Decrasscendo.
  • Perubahan tempo dengan accelerando (semakin Cepat) dan Ritarteando (semakin lembut).
  • Pemakaian Ornamentik dibatasi
  • Penggunaan Akord 3 nada

Fungsi dan kegunaan Musik klasik :

Dalam proses pembelajaran musik yang digunakan adalah musik klasik karena musik klasik bersifat universal dan telah dilakukan berbagai penelitian yang membuktikan bahwa musik klasik bermanfaat bagi perkembangan otak manusia, dan musik klasik tidak mengandung kata-kata sehingga tidak akan terjadi interferensi auditori.

Ragam dan Jenis Musik Klasik :

        Ragam dan jenis Musik Klasik digolongkan melalui Periodisasi tertentu, yaitu:

  1. Notasi Gregorian tahun 590

Notasi ini memakai empat garis sebagai balok not, tetapi belum ada rotasi iramanya sehingga hitungan berdasarkan perasan penyanyi.

  1. Musik Organum 1150-1400

Di sini terjadi susunan lagu berjarak oktaf. Suara tinggi terbentuk dari anak-anak atau wanita dan suara rendah dari laki-laki.

  1. Musik Discant 1400-1600

Pada masa ini dirasakan ternyata tidak semua bisa mengikuti nada tinggi atau nada   rendah, oleh sebab itu diputuskan untuk membuat suara yang lebih kuat atau lebih rendah mengikuti melodi kuart tinggi maupun kuart rendah dan musik yang demikian ini disebut musik Diafoni

  1. Basso Ostinato tahun 1600

Musik ini adalah music yg berupa rangkaian nada-nada yang bergerak selangkah demi selangkah ke bawah atau ke atas, kemudian diulang pada rangkaian nada lain secara bersama.

  1. Musik Polifoni Era Barok (1600-1750)

Musik ini adalah music yg adalah salah satu musik polifoni dengan teknik kontrapung yang sangat tinggi. Karena disusun seperti Matematika. Hampir semua komponis era barok (1600-1750) menyusun dengan teknik kontrapung,

  1. Musik Homofon Era Klasik (1750-1825)

Selanjutnya pada era klasik (1750-1825) ditemukan Susunan akord yang berdasarkan tri-suara (triad), sehingga berkembang empat suara atau lebih. Musik ini biasanya disebut music Harmoni

  1. Musik Klasik Era Romantika (1820-1910)

Hampir tidak ada perubahan dalam kontrapung dan harmoni secara fundamental. Namun ada kemajuan dalam orkestrasi lengkap (dengan penemuan alat musik) Era romantika adalah yang terakhir dan masih dapat diterima dengan pendengaran masyarakat umum terutama pada musik opera, musik balet, dan walsa wina.

  1. Musik Klasik Modern (1910-sekarang)

Pada masa musik klasik ini, karya yang paling tekenal berada pada abad ke-20 yakni: kitaro, Ricart Clayderman, Yanni dan Enya. Terdapat berbagai Aliran musik yang berkembang yaitu: Musik klasik, musik rock, Musik tradisional dan musik keagamaan.

Bentuk Komposisinya :

Karya musik yang terdiri atas empat bagian satu kesatuan yang utuh, masing-masing dirancang dalam rangkaian tempo cepat, lambat kemudian nuansa tempo seperti musik dansa, kembali lagi ke bagian 1 dengan tempo cepat sebagai penutup.
Bentuk Musik Klasik :

  1. Fast movement
  2. Slow movement
  3. Dance related movement
  4. Fast movement

Bentuk Komposisi Sonata akan dijelaskan sebagai berikut :

Sonata adalah karya musik yang terdiri dari atas 3 bagian, satu kesatuan yang utuh, masing-masing dirancang dalam rangkaian tempo cepat, lambat dan kembali ke tempo cepat.
Sonata terbagi atas 4 bagian yakni :

  • Eksposisi:

Eksposisi adalah bagian yang menggambarkan nuansa penuh semangat, kuat eksposisi terbagi atas tema pokok, bridge, tema ke II, dan tema penutup

  • Pengembangan:

Bagian ini mengandung uraian tema dari eksposisi dibentuk kedalam motif-motif.

  • Rekapitulasi:

Rekapitulasi merupakan sebuah pernyataan kembali bagian eksposisi, tetapi dengan modifikasi-modifikasi tertentu, Pada Rekapitulasi Tema ke II dan Tema Penutup menggunakan tangganada Tonika bukan tangganada yang kontras.

– Coda:

Pada bagian akhir dari sebuah sonata, umumnya menggunakan coda sebagai penutup, coda merupakan penutup dari seluruh rangkaian, bagian ini biasanya diawali dengan dominan, apabila awal lagu dalam mayor apabila awal lagu dimulai dengan minor, dan berakhir pada tonik tetapi apabila akhir sebuah sonata tidak kembali ke tonika, rangkaian lagu tersebut disebut Atonal.

Alat Musik yang digunakan :

Beberapa jenis musik klasik

  1. Harpsichord
  2. Piano Instrumen
  3. Biola
  4. Brass
  5. Violin Kecil (Cello)

Video Sample Musik Klasik

 2. JAZZ


          Musik Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Seperti yang sudah dikatakan tadi akan ada beberapa genre dalam sebuah lagu yang pada akhirnya akan didefinisikan menjadi sebuah genre . Beberapa subgenre jazz adalah Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz. Dan musisi Jazz di Indonesia diantaranya ialah Benny Likumahuwa, Barry Likumahuwa Krakatau, Bhaskara,Indra Lesmana, Karimata,Bubi Chan, Spirit Band,Jopie Item, Embong Rahardjo, dan masih banyak musisi lainya .

               Dalam musik jazz alat musik yang biasanya sering ada adalah gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon . nada nada dari musik jazz memiliki ciri khas yang unik dalam permainanya . terkadang tidak semua orang yang bisa menikmati musik musik jazz.

Ciri – ciri musik Jazz :

1) Vokal dan lirik cenderung dianggap sebagai bagian dari bunyi instrumen

2) Harmoninya rumit, memiliki tonalitas yang luas dan sering terjadi modulasi

3) Ritme dan melodi memiliki kecenderungan improvisatif

Jenis musik jazz :

Smooth jazz

Smooth jazz adalah salah satu bentuk jazz, sering kali percampuran dengan R&B. Smooth jazz berkembang sebagai bagian dari bentuk jazz fusion, dan cenderung memberi tekanan pada melody dibanding kepada improvisasi. CTI Records milik Creed Taylor bagian yang amat penting diperkembangan bentuk ini dipertengahan 1970. Wes Montgomery membuat beberapa buah rekaman instrumental dari sejumlah lagu pop yang terkenal yang tidak banyak diminati penikmat Pop dibanding jazz fan; hasil perusahaan rekaman ini sering tidak dianggap sebagai album smooth jazz yang penting.

Jazz fan memandang smooth jazz dengan sebelah mata, atau bahkan menganggapnya bukan jazz sama sekali, tapi beberapa yang lain menolak pandangan tersebut, seperti musisi yang dihormati Pat Metheny, David Sanborn, Marcus Miller dan yang lainnya sering diklasifikasikan sebagai “smooth jazz,” begitu juga bagian dari mereka mampu menampilka bermacam macam gaya.

Fusion jazz

Fusion jazz memang identik dengan bantuan teknologi canggih seperti MIDI. Fusion adalah cabang dari jazz mainstream yang didalamnya sudah dicampur rock dan funk.

Mengacu pada namanya, Jazz Rock atau Fusion adalah tipe Jazz yang musisinya dalam mengapresiasikan sampai melewati batas sampai kedaerah Rock ataupun jenis musik lain. Fusion mengkombinasikan kebiasan-kebiasaan & energi dari musik Rock dengan harmonisasi yang sempurna dan kebebasan improvisasi Jazz.

Jazz Rock fusion berbeda dari konvensional Jazz dibeberapa aspek. Pemakaian Rhythm yang lebih kaku dan sedikit menggoyang perasaan. Dibeberapa bagian artis tambahan memainlain suatu yg berseberangan, dengan pengembangan rhythmic dan bentuk rhythmic yg tidak standar yang ditumpukan pada ekspresi.

Penggunaan alat electric/electronic seperti gitar electrik, bass electric dan synthesizer sering menggantikan alat musik tradisional jazz seperti saxophone, trumpet dan bass betot.

Funk

Funk adalah sebuah aliran musik yang mengandung unsur musik tarian Afrika-Amerika. Umumnya musik funk dapat dikenali lewat ritme yang sering terpotong singkat, bunyi gitar ritme yang tajam, perkusi yang dominan, pengaruh jazz yang kuat, irama-irama yang dipengaruhi musik Afrika, serta kesan gembira yang didapati saat mendengarnya. Akar funk dapat ditelusuri hingga jenis rhythm and blues dari daerah Louisiana pada tahun 1960-an. Aliran musik ini terkait dekat dengan musik soul serta jenis musik turunan lainnya seperti P-Funk dan Funk Rock.

Acid jazz

Acid jazz (dikenal juga dengan jazz klub) adalah genre musik yang menggabungkan elemen-elemen musik soul, funk, dan disco. Genre ini dikembangkan pada tahun 1980-an dan 1990-an, awalnya pada klub malam di Inggris Selatan. DJ Gilles Peterson dan Chris Bangs umumnya dikenal sebagai yang menciptakan istilah acid jazz, pada tahun 1987

Video Sample Musik Jazz

3. BLUES

Blues adalah sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS).

Musik blues berangkat dari musik – musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di AS. Penggunaan blue note dan penerapan pola call-and-response (di mana dua kalimat diucapkan/dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan dan kalimat keduanya bisa dianggap sebagai “jawaban” bagi kalimat pertama) dalam musik dan lirik lagu-lagu blues adalah bukti asal usulnya yang berpangkal di Afrika Barat. Di era kini banyak Blues Lovers lahir. Mereka menyimak, belajar, menulis, memainkan, dan bikin album.

Ciri – ciri Musik Jazz :

Musik Blues Terkesan Sedih dan Melankolis
Musik Blues selalu menggunakan chord pentatonic atau pentatonic scale

Video Sample Musik Blues

4. COUNTRY

          Genre Country adalah campuran dari unsur-unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia. Musik ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel, dan berkembang sejak tahun 1920-an. Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang berkesan merendahkan. Pada tahun 1970-an, istilah musik country telah menjadi istilah populer. Istilah lain untuk genre musik ini adalah country and western, namun sudah semakin jarang dipakai kecuali di Britania Raya dan Irlandia.
Contoh orang yang menggunakan Genre Country: Taylor Swift

Ciri Musik Country :

Penggunaan alternasi bass atau bas berganti di sela-sela strumming. Bila memainkan akor C,misalnya, maka bas C dan G dibunyikan bergantian dengan strumming tetap pada akor C. Improvisasi tangga nada yang digunakan, apabila dengan tangga nada natural, adalah dengan not-not C-D-Dis-E-G-A

Video Sample Musik Country

5. TECHNO

    Genre Techno adalah aliran Musik yang menggunakan tema futuristik. Musik Techno juga dipakai di Club-Club malam dan biasanya Musik ini dimainkan oleh seorang DJ. Musik ini tidak dimainkan dengan alat musik tradisional seperti Gendang, Gitar, Sasando, dll. Dia menggunakan alat musik Digital seperti Dj Maker yang biasa dipakai untuk me-remix musik yang sudah ada menjadi musik yang bertema Futuristik.

Video Sample Musik Techno

6. REGGAE

        Reggae merupakan irama musik yang berkembang di Jamaika. Reggae mungkin jadi bekas di perasaan lebar ke menunjuk ke sebagian terbesar musik Jamaika, termasuk Ska, rocksteady, dub, dancehall, dan ragga. Barangkali istilah pula berada dalam membeda-bedakan gaya teliti begitu berasal dari akhir 1960-an. Reggae berdiri di bawah gaya irama yang berkarakter mulut prajurit tunggakan pukulan, dikenal sebagai “skank”, bermain oleh irama gitar, dan pemukul drum bass di atas tiga pukulan masing-masing ukuran, dikenal dengan sebutan “sekali mengeluarkan”. Karakteristik, ini memukul lambat dari reggae pendahuluan, ska dan rocksteady.

Ciri – ciri Musik Reggae :

Ciri khas reggae terletak pada ritmenya, di mana terdapat aksen musik yang seakan terputus-putus, yang dikenal sebagai skank. Biasanya, reggae lebih lambat dari ska, akan tetapi lebih cepat jika dibandingkan dengan rocksteady. Aksen musik reggae biasanya muncul pada ketukan ke dua dan ke empat pada setiap bar, dengan ritme gitar yang menguat pada ketukan ke tiga atau bermain tetap pada ketukan kedua hingga ketukan ke empat dimainkan. Biasanya pada ketukan ke tiga inilah, kecepatannya berikut permainan bass yang cukup kompleks akan membedakan reggae dari rocksteady, hal yang tetap menjadi ciri khas walaupun masing-masing mengalami perkembangan.

Macam – macam Musik Reggae :

Early Reggae

Awal reggae, kadang-kadang dijuluki “skinhead reggae” karena popularitasnya di antara subkultur kelas pekerja di Inggris, dimulai pada akhir 1960-an, sebagai pengaruh dari musik funk dari label Amerika seperti Stax mulai menembus bermain musisi studio. Karakteristik reggae mendefinisikan awal dari batuan stabil adalah “mendidih” organ, perkusif gaya bermain yang dibawa ke dekat cahaya pembagian kedelapan-catatan dalam alur. Gitar “skanks” pada catatan kedua dan keempat bar lebih sering dua kali lipat di studio rekaman menggunakan tape elektronik efek echo, sehingga melengkapi waktu-ganda merasa dari gelembung organ. Secara keseluruhan penekanan lebih berada di alur musik, tren pertumbuhan rekaman “versi” di sisi-B dari instrumental tunggal tak terhitung diproduksi dipimpin oleh seorang tanduk atau organ.

Mayor skinhead reggae seniman termasuk John Holt, Toots & the Maytals, The Perintis dan Symarip. versi Sampul Motown, Stax dan Atlantic Records lagu jiwa yang umum di skinhead reggae, mencerminkan popularitas musik jiwa dengan skinhead dan Modifikasi.

Root Reggae

Root reggae adalah jenis musik rohani yang lirik sebagian besar adalah dalam memuji Jah (Tuhan). tema lirik berulang termasuk kemiskinan dan perlawanan terhadap penindasan pemerintah dan ras. Banyak dari Bob Marley dan lagu-lagu Peter Tosh bisa disebut reggae akar. Puncak kreatif reggae akar berada di [rujukan?] 1970-an dengan penyanyi seperti Burning Spear, Gregory Isaacs, Freddie McGregor, Johnny Clarke, Horace Andy, Ijahman Levi, Barrington Levy, Big Pemuda, dan Linval Thompson, dan band-band seperti Budaya, Israel Getaran, Meditations, dan Misty di Akar, bekerja sama dengan produsen berbagai studio termasuk ‘Scratch’ Perry dan Coxsone Lee Dodd. Musik, pada lagu “Roots, Rock, Reggae” Marley menyusun gaya baru “off beat” musik di mana sebuah bar enam ketukan dimainkan, dengan gitar skanking pada ketukan keempat dan keenam. Walaupun sepenuhnya terpisah dari beats dari ska, rock mantap, reggae, pelacur, selebaran, rocker dan semua gaya kemudian, ini mengalahkan unik tampaknya telah begitu erat terkait dengan Marley bahwa beberapa orang lain mengadopsinya.

Alat musik yang sering digunakan :

Djembe, Saxophone, Bass Elektrik, Gitar, Drum

Video Sample Musik Reggae

7. RnB

               R&B adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues, yang pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Pada tahun 1948, perusahaan rekaman RCA Victor memasarkan musik kaum kulit hitam yang disebut Blues and Rhythm. Pada tahun yang sama, Louis Jordan mendominasi lima besar tangga lagu R&B dengan tiga lagu, dan dua dari lagunya berdasar pada ritme boogie-woogie yang terkenal pada tahun 1940-an. Band Jordan, Tympany Five (1938) terdiri dari dirinya sebagai vokal dan pemain saksofon beserta musisi-musisi lain sebagai pemain trompet, saksofon tenor, piano, bas, dan drum.Istilah ini pertama kali dipakai sebagai istilah pemasaran dalam musik di Amerika Serikat pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler yang bekerja pada majalah Billboard. Istilah ini menggantikan istilah musik ras dan kategori Billboard Harlem Hit Parade pada Juni 1949. Tahun 1948, RCA Victor memasarkan musik kulit hitam dengan nama Blues and Rhythm. Frasa tersebut dibalik oleh Wexler di Atlantic Records, yang menjadi perusahaan rekaman yang memimpin bidang R&B pada tahun-tahun awal.

Ciri – ciri Musik RnB :
Lebih dekat dengan pop, jazz dan soul. R&B lebih menitik beratkan pada kualitas vokal yang baik dan lirik yang lebih santai.
Musik lebih enak didengar, genre musik yg menggabungkan antara jazz gospel dan blues, ada musik saksofon, terompet, piano, bas, dan drum
Musik r&b cenderung mengutamakan improvisasi melodi, khususnya vokal para penyanyi dengan harmonisasi yang progresif

Alat musik yang sering digunakan :

Drum kit, Double bass, Saxophone , Horns, Piano, Organ, Electric guitar, Vocals, dan Synthesizers, Keyboard, Drum machine, Synclavier (Tambahan untuk Contemporary R&B)

Video Sample Musik RnB

8. RAP

               Rap adalah salah satu unsur musik hip-hop. Rap merupakan teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat, sementara pelakunya disebut rapper. Biasanya, rap diiringi oleh DJ maupun sebuah band.
Biasanya, rapper seperti penyanyi biasa, yaitu bernyanyi solo. Contohnya adalah Xzibit dan Jay-Z. Ada pula rapper yang menjadi anggota band, misalnya Mike Shinoda dari Linkin Park. Umumnya, rapper berkulit hitam karena banyak rapper berasal dari daerah pinggiran. Di antara sedikit rapper yang berkulit putih adalah Eminem dan Sean Paul. Rapper sering disebut pula dengan MC (Master of Ceremony).

Berbagai jenis rap :

     Seperti dalam genre musik lain, genre rap-pun mulai berkembang menjadi beberapa “jenis” musik rap. Memang sepertinya nggak ada textbook yang dengan jelas membagi jenis-jenis musik rap, tapi dari pengamatan sehari-hari kita bisa lihat paling tidak ada beberapa jenis. Yang mungkin paling sering kita dengar beritanya adalah gangsta rap (rap-nya gangster gitu maksudnya). Kalau mau, baca juga boks yang cerita tentang gangsta rap ini—West Coast vs. East Coast]. Selain karena jenis rap ini emang populer, kita kadang lebih sering denger jenis rap ini karena para rappernya juga sering bikin ulah sehingga berita tentang gangsta rap ini menjadi semakin banyak muncul. Kamu mungkin kenal Tupac Shakur, Notorious B.I.G., Snoop Dogg, dan lain sebagainya—mereka masuk kategori gangster ini. Dulu P-Diddy dan Jay-Z kayaknya juga bisa dikatakan jelas masuk ke kategori ini, tapi sekarang gak jelas juga. Lebih banyak ke arah pop-rap kayaknya. Tema-tema mereka sudah bukan tentang hidup gangster di jalanan melulu. Banyak rapper yang topik liriknya berubah dengan perubahan-perubahan yang dia alami dalam kehidupan sehari-hari. Manusiawi. Terus ada juga rap yang warna Jamaica-nya sedikit lebih kental, dulu Wyclef Jean suka main jenis ini, tapi mungkin sekarang bisa juga udah berubah. Terus ada party-rap, dulu Will Smith (waktu itu masih tergabung dalam duo bernama DJ Jazzy Jazz and the Fresh Prince) suka membawakan lagu yang tema-temanya pesta dan acara-acara lain yang suasananya enak. Satu hal yang patut dicatat tentang Will Smith adalah bahwa dia punya komitmen yang besar untuk tidak pakai kata-kata kasar — atau orang bule biasa nyebut-nya sebagai four-letter-words — dan temanya-pun selalu positif. Ada juga rapper yang akhir-akhir ini yang semakin ngetop yang namanya Kanye West. Dia sih masih pakai kata-kata kasar di sana sini (tapi nggak diobral banget juga) tapi tema lagu-lagunya beda dengan rekan-rekannya. Kanye kadang romantis, kadang humoris, kadang satiristis. Dalam albumnya Late Registration, justru banyak lirik dan skit yang cerita seolah-olah dia miskin banget. Ini 180% kebalikan dengan rapper-rapper lain yang biasanya akan cerita tentang perhiasannya, duitnya, cewek-ceweknya, dan mobil-mobilnya (baik low-rider yang bisa naik-turun pake suspensi hidrolik maupun mobil-mobilnya yang pake dubs—itu lho pelek bling-bling yang ukurannya 20 inch ke atas.) Ini contoh aktualisasi sense of humor-nya si Kanye. Terus ada juga sound yang disebut G-funk yang dikenal oleh rapper-rapper west coast (yaitu di California, AS). G-funk ini banyak dipopulerkan oleh rapper bernama Warren G. Terus tentu saja kita tahu bahwa mulai ada rapper-rapper kulit putih yang mencoba nasibnya dalam dunia yang dikuasai oleh orang berkulit hitam ini. Tersebutlah beberapa nama seperti Vanilla Ice, Eminem, Linkin Park, Crazy Town, Limp Bizkit dan lain lain yang menyajikan rap versi mereka masing-masing. Seperti kita tahu, tingkat kesuksesan mereka-pun berbeda-beda. Namun secara umum dapat dikatakan bahwa rap oleh orang kulit putih tidak [atau belum?] sebesar rap oleh, misalnya keturunan hispanic di Amerika. Jika kita ingat, cerita mengenai lahirnya cikal bakal musik rap di atas, kita akan ingat bahwa Bronx selain dipadati oleh orang kulit hitam juga dihuni oleh banyak orang keturunan hispanic. Jadi maklumlah bahwa penggemar musik rap pada umumnya adalah orang kulit hitam dan keturunan hispanic. Namun itupun lambat laun berubah. Fenomena yang ada sekarang sering disebut cross-over, yaitu menyebrangnya orang kulit putih dan etnik lain-lain menjadi penggemar musik rap. Rap has gone mainstream.

Video Sample Musik Rap

9. POP

Musik pop (istilah yang awalnya berasal dari singkatan dari “populer”) adalah sebuah genre musik dari musik populer yang berasal dalam bentuk modern pada 1950-an, yang berasal dari rock and roll. Istilah musik populer dan musik pop sering digunakan secara bergantian, meskipun yang pertama adalah deskripsi musik yang populer (dan dapat termasuk gaya apapun), sedangkan yang terakhir adalah genre tertentu yang mengandung kualitas daya tarik massa.[1]

Sebagai genre, musik pop sangat eklektik, sering meminjam elemen dari gaya-gaya lain termasuk urban, dance, rock, latin dan country. Musik pop umumnya dianggap sebagai sebuah genre yang komersial dicatat dan keinginan untuk memiliki daya tarik audiens massa.

Ciri – ciri Musik Pop :

Pop, ciri-cirinya: melodi mudah diterapkan dengan berbagai karakter lirik, fleksibel dan mudah dipadukan dengan dengan jenis lain, lagu mudah disenandungkan dan mudah dipahami, harmoni tidak rumit, tempo bervariasi.

Dalam musik pop ini juga terbagi beberapa jenis yaitu :
a) Musik pop standar
Ciri-ciri pop standar ini antara lain,yaitu : melodi mudah diterapkan diberbagai karakter lirik; sangat fleksibel jika dipadukan dengan jenis style lain; lagu pada umumnya mudah disenandungkan dan diserap; harmoni tidak terlalu rumit,tempo bervariasi.
b) Musik pop kreatif
Musik pop yang memiliki keunikan ritme,melodi, harmoni, instrumen, dinamik, gaya, dan lirik. Ex: karena wanita ingin dimengerti ( ada band )
c) Musik pop balada
Ciri-ciri musik ini yaitu, antara lain : mirip dengan musik pop; tempo lambat dan sedang; pola melodi bervariasi karena dibuat untuk kepentingan lirik; lirik cenderung expresif.
Musik dangdut merupakan musik melayu yang berkembang dengan pengaruh gaya india.

Video Sample Musik Pop

10. Death Metal / Rock

          Death metal adalah sebuah sub-genre dari musik heavy metal yang berkembang dari thrash metal pada awal 1980-an. Beberapa ciri khasnya adalah lirik lagu yang bertemakan kekerasan atau kematian, ritme gitar rendah (downtuned rhythm guitars), perkusi yang cepat, dan intensitas dinamis. Vokal biasanya dinyanyikan dengan gerutuan (death grunt) atau geraman maut (death growl). Teknik menyanyi seperti ini juga sering disebut “Cookie Monster vocals”.

Musik rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.

         Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizer. Disamping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya, musik rock “mempunyai tiga chords, bakcbeat yang konsisten dan mencolok dan melody yang menarik”.

Pada akhir tahun 60-an dan awal 70-an, musk rock berkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion. Pada tahun 70an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin.

Juga di tahun 70an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (sub-kategori) seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Sub kategori rock yang mencuat ditahun 80an termasuk New Wave, hardcore punk dan alternative rock.

Pada tahun 90an terdapat grunge, Britpop, indie rock dan nu metal.

Sebuah kelompuk pemusik yang mengkhususkan diri memainkan musik rock dijuluki rock band atau rock group (grup musik rock). Rock group banyak yang terdiri dari pemain gitar, penyanyi utama (lead singer), pemain gitar bass, dan drummer (pemain drum), membentuk sebuah quartet. Beberapa group menanggalkan satu atau dua posisi diatas dan/atau menggunakan pennyanyi utama sebagai pemain alat musik disamping menyanyi, membentuk duo atau trio. Group lainnya memiliki pemusik tambahan seperti dua rhythm gitar dan atau seorang keyboardist (pemain kibor). Agak lebih jarang, penggunaan alat musik bersenar seperti biola, cello atau alat tiup seperti saksofon, terompet atau trombon.

Perkembangan music rock dunia :

Tahun 1950-an – awal 1960-an :

* Progressive rock 
* Rock n Roll

* Heavy metal

* Hardcore punk 

* Punk Rock

Tahun 1980-an :

* Speed metal 
* Alternative Rock

* Avant-garde metal

Extreme metal/Underground metal :
* Thrash metal
* Death metal
* Black metal
* Grindcore
* Gothic metal
* Doom metal

Tahun 2000-an :
* Emo 

Jenis Musik Metal :

=== 70’an ===

Era 70’an semua jenis metal masih berada dalam Classic metal.

==== [[Progressive rock]] ====

Genre ini memang cenderung ke [[Rock]] tapi tetap aja ada unsur metalnya, yaitu, lagu panjang, lirik berkata ke roh dan setan-setan dan melodi gitar yang panjang. beberapa band Progressive rock ini seperti [[Genesis]], [[Marillion]], [[Rush]], [[Queen]], [[Jethro Tull]]. Belakangan sekitar Akhir 80’an barulah muncul genre yang lebih tepat disebut [[Progressive metal]] seperti [[Dream Theater]], [[Queensrÿche]], [[Fates Warning]], yang lebih cenderung ke visualisasi.

==== [[Punk]] ====

Punk juga merupakan genre yang tidak terlalu Metal awalnya dimotori oleh [[The Who]] tapi tidak terlalu nyata. hingga pada akhir 60’an muncul ”Bapak punk” [[Iggy Pop]] & The Stooges, New York Dolls dan memasuki pertengahan dan akhir 70’an baru munculah [[The Sex Pistols|Sex Pistols]], [[The Clash]], [[The Damned]], [[The Ramones]] yang sangat kental logat Ingris-nya. Tapi punk nyaris runtuh ketika bertabrakan dengan [[Pop]] ditahun 80’an dan berubah menjadi [[New Wave]].

=== 80’an ===
==== American-Metal ====

Genre ini memang muncul di 70’an tapi lebih dikenal di awal 80’an. dengan lirik asmara dan teknik ”’Palm-mute”’. Vokal melengking band seperti [[Van Halen]], [[Aerosmith]], [[Bon Jovi]], [[Motley Crue]].

==== NWOBHM muncul di Britania raya ====

Awal 80’an ketika Heavy Metal bertabrakan dengan [[Blues]] di Britania Raya. Muncul Genre yang disebut [[New Wave of British Heavy Metal]] (NWOBHM) dengan ”riff” nge blues dan vokal yang melengking. Munculah band-band seperti [[Iron Maiden]], [[Motörhead]], [[Saxon]], [[Judas Priest]], [[Def Leppard]] dan [[Samson (metal band)|Samson]].

==== [[Big Girls’ Blouse Metal]] atau [[Soft Rock]], ‘[[AOR]]‘, [[Pop-rock]] ====

Pertengahan 80’an giliran NWOBHM dan American Metal yang bertabrakan dengan Pop hingga menjadi Big Girls’ Blouse Metal dengan kibasan rambut sang penyanyi cenderung slow dan lirik asmara. Band dari genre ini juga adalah “bekas” dari band yang bertabrakan itu seperti Def Leppard, Bon Jovi, [[Reo Speedwagon]], [[Foreigner]].

==== Underground Metal ====
[[Berkas:metallica.jpg|thumb|220px|Metallica band [[Thrash Metal]]]]

===== [[Thrash metal]], [[Power metal]], [[Speed metal]], [[Grindcore]] =====

Tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm ”Downstroke” pada Thrash metal oleh band-band seperti [[Metallica]], [[Megadeth]], [[Slayer]] dan [[Anthrax]] yang dijuluki [[Big Four Of Thrash]]. Di San Francisco ada [[Testament]] dan [[Exodus]] di New Jersey ada [[Overkill]] dan [[Sepultura]] dari [[Brazil dalam musik|Brazil]], lalu pada tahun 1990’an, underground ini lebih memasuki ke Extreme metal seperti [[Grindcore]] dipelopori oleh [[Napalm Death]], [[Black metal]] yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti [[Venom]], [[Mayhem]], [[Bathory]], [[Mercyull Fate]] dan [[Death Metal]] yang cenderung menggunakan vokal dengan growl rendah dan banyak screamnya dipelopori oleh [[Carcass]], berkembang pada 1991 menjadi
[[Scandinavian Death metal]] oleh [[Entombed]], [[Dismember]], [[Unleashed]], dan [[At The Gates]]
[[Melodic Death metal]] yang berasal dari [[Gothenburg]] Swedia lalu berkembang di [[Finlandia dalam musik|Finlandia]] dan [[Norwegia dalam musik|Norwegia]] oleh band-band seperti [[Arch Enemy]], [[Dark Tranquillity]], [[Disessction]].
[[Florida Death metal]] adalah Turunan jenis musik Thrash metal yang berasal dari band [[Kreator(band)|Kreator]] dan [[Destruction]] melahirkan band band asal Florida yang terkesan lebih brutal yang menjadi [[Techical metal]] di pioniri oleh [[Cynic]] (kemudian menjadi berevolusi menjadi [[Aghora]] ), [[Atheist]], [[Immolation]], [[Death (band)|Death]].
[[Progressive Death metal]] yang mungkin lebih cenderung ke visualisasi dan banyak mengunakan Tradisional pun dimaklumi, Pionirnya adalah [[Opeth]], [[Pestilence]], [[Death (band)|Death]], [[Novembre]] dan mungkin [[Progressive metal]] oleh [[Dream Theater]].

Perbedaannya dengan Power metal adalah genre ini lebih bersemangat dan vokalis genre ini kebanyakan di pengaruhi oleh [[Rob Halford]] dan [[Bruce Dickison]] band-band genre ini kebanyakan dari Eropa. Misalnya, [[Europe]] ([[Swedia dalam musik|Swedia]]), Iron Maiden ([[Britania Raya dalam musik|U.K]]), [[Helloween]] ([[Jerman dalam musik|Jerman]]). Dan Speed metal dimainkan lebih cepat sangat-sangat cepat dan bertenaga seperti Motorhead (akhir-akhir), [[Iron Angel]], [[Anthrax]].

=== 90’an ===

Ketika para orang sudah kehabisan nama untuk mencari genre dan ketika punk yg jarang di era 80’an. tahun 90’an menjadi solusi ketika muncul genre yang disebut [[Grunge]] dan [[Alternative metal]].

==== Alternative metal ====

[[Berkas:Primus.jpg|left|thumb|220px|Primus, band pengungsung Alternative metal]]
[[Alternative metal]] adalah salah satu jenis metal yang paling populer di awal [[1990-an|90’an]]. Tapi ketika awal 80an orang sudah mengenal bagianya, [[Funk metal]] yang dipelopori oleh [[Faith No More]], [[Red Hot Chilli Papers]], [[Extreme]], [[Primus]], lalu hingga pada tahun 90’an munculah [[Rage Against The Machine]].

Selain itu ada [[Industrial metal]] band seperti [[Fear Factory]] lalu [[Ministry]] lah pentolanya. Industrial metal juga banyak di pelopori oleh band dari Jerman seperti [[Rammstein]] ,[[Oomph!]], [[Megaherz]].

Lalu ada [[Punk Metal]] atau [[Crossover Thrash]] punk dengan lebih banyak gitar. Band-band genre ini seperti [[Suicidal Tendecies]], [[Stromtroopers of Death]]. Dan lama-lama genre ini bermatamorfosis menjadi [[Hardcore Punk]].

[[Nu Metal]], Genre alternative metal yang terakhir adalah metal modern yang bermain dengan nada Industrial. Banyak band-band dari [[Korn]], [[Slipknot]], [[Limp Bizkit]], [[Linkin Park]] hingga [[Disturbed]]. lalu banyak bagian genre ini dari [[Rap core]], [[Rap metal]], [[Hip metal]].

==== Grunge (90’an) ====

[[Berkas:kurtcobain.jpg|thumb|220px|Kurt Cobain]]

Tahun [[1990-an]] ketika wabah musik Grunge yang awalnya adalah [[Punk]] dan bermunculan di [[Seattle, Washington|Seattle]] dan dikembangkan oleh [[Kurt Cobain]] walaupun sedikit cenderung ke [[Alternative rock]]. Band Grunge dari Seattle, seperti [[Nirvana (band)|Nirvana]], [[Soundgarden]], [[Pearl Jam]], dan [[Alice in Chains]] sebelum band itu ada sebenarnya grunge sudah ada oleh band-band seperti [[Malfunkshun]] dan [[Green River]] setelah itu ada [[Temple of the Dog Mad Season]], [[Mudhoney]] sampai [[Melvins]]. Setelah kematian Kurt Cobain musik Grunge jarang datang lalu kembali di-ilhami dengan band-band seperti [[Skin Yard]] dan [[PJ Harvey]]. Jika suatu band memainkan musik Grunge tapi band itu bukan berasa dari Seattle. Nama yang dipakai bukanlah Grunge, tetapi [[Post-Grunge]] seperti [[L7]], [[Stone Temple Pilots]], [[Paw (band)|Paw]], [[Hole (band)|Hole]] (Yang sang vokalis [[Courtney Love]] adalah istri dari Kurt Cobain hingga menjadi Grunge).

Video Sample Musik Rock

11. Dangdut

     Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia. Bentuk musik ini berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.

Penyebutan nama “dangdut” merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) yang khas dan didominasi oleh bunyi dang dan ndut. Nama ini sebetulnya adalah sebutan sinis dalam sebuah artikel majalah awal 1970-an bagi bentuk musik melayu yang sangat populer di kalangan masyarakat kelas pekerja saat itu.

Ciri – ciri Musik Dangdut :

  1. Alat musiknya akustik, dengan standarisasi melayu, seperti akordion, suling, gendang, madolin, dan dalam perkembangan di era ini adalah organ mekanik serta biola.
  2. Lagunya, mudah dicerna sehingga tidak susah untuk diterima masyarakat.
  3. Iramanya terbagi dalam tiga bagian yaitu senandung (sangat lambat), lagu dua (iramanya agak cepat) dan makinang (lebih cepat).
  4. Liriknya masih lekat pada pantun.
  5. Irama musiknya sangat melankolik.
  6. Bangunan sebagian besar lagu dangdut sangat konservatif,
  7. Sebagian besar tersusun dari satuan delapan birama 4/4 (jarang sekali ditemukan lagu dangdut dengan birama 3/4, kecuali pada lagu-lagu masa Melayu Deli (contoh: Burung Nuri)).
  8. Miskin improvisasi, baik melodi maupun harmoni.
  9. Sangat mengandalkan ketukan tabla dan sinkop.
  10. Pada umumnya tidak memiliki refrain, namun memiliki bagian kedua dengan bangunan melodi yang berbeda dengan bagian pertama.

Macam – macam Musik Dangdut :

  • Dangdut ( 3680 Artikel )
    Dangdut Koplo adalah musik asli Indonesia. Genre ini telah berkembang hingga menjadi seperti saat ini. Apapun asal genrenya, apabila diaransemen ulang menjadi Dangdut-Koplo akan terasa nikmat di telinga. Di Surabaya sendiri, saat ini hampir semua hajatan yang menampilkan musik live selalu nanggap orkes. Orkes yang dimaksud adalah Orkes Dangdut-Koplo (orkesan). Bahkan akan menjadi hal aneh apabila ada hajatan tapi nanggap band :).
    Terima kasih kepada Anda semua yang masih setia di jalur Dangdut-Koplo. Semoga di masa yang akan datang, Dangdut-Koplo lebih bisa diterima oleh semua tingkatan sosial ekonomi masyarakat Indonesia.
  • Campursari ( 887 Artikel )
    Terlebih lagi Campursari, yang ini benar-benar musik asli Indonesia dengan basic langgam Jawa (Jawa hanya ada di Indonesia). Walau pada masa sekarang Campursari tidak lagi harus campuran keroncong dan gending Jawa. Dangdut Koplo ikut dan dapat dimasukkan ke dalam iramanya. Apakah Koplo, Dangdut atau bahkan Qasidah … campursari dapat mengadaptasinya dengan baik.
  • Lagu Favorit ( 19 Artikel )
    Berisi lagu-lagu favorit dan pilihan Admin Dangdut-Koplo.com yang dikemas dalam beberapa playlist yang berada pada Audio Flash Player. Semua lagu yang berada di playlist ini mempunyai kecepatan laju transfer minimal 128 kbps. Untuk memutarnya dan mendapatkan akses Direct Download, Anda harus login terlebih dahulu.
  • House Dangdut ( 280 Artikel )
    House Dangdut atau juga disebut sebagai Dangdut House, biasanya dimainkan dengan Digital Keyboard atau lebih dikenal dengan Organ Tunggal. Walau terkadang untuk mencapai orkestrasi yang sempurna masih diperlukan dan ditambahkan peralatan akustik yang sulit dibangun lewat synthesizer seperti gendang / ketipung. Di Jawa Timur musik semacam ini kurang populer. Mereka lebih memilih Koplo, karena lebih soft.
  • Dance Club ( 82 Artikel )
    Hanya untuk selingan saja. Beat-nya cukup mirip dengan koplo walau dengan latar belakang berbeda. Selamat menikmati house music yang berada pada site ini.
  • Religi ( 100 Artikel )
    Religi dengan basic irama Dangdut Koplo. Apapun aliran relegius Anda, Dangdut-Koplo.com tidak memihak ke pihak dan atau aliran religi manapun. Kami hanya mencoba untuk berbagi lagu dengan genre Dangdut Koplo … itu saja.
    Note : Mengingat sub-genre ini termasuk satu hal yang mempunyai sensitifitas cukup tinggi, mohon kebesaran hati Anda untuk memaafkan dan memakluminya apabila terjadi salah eja pada judul atau isi artikel.
  • Etnik ( 108 Artikel )
    Kelompok etnik atau suku bangsa adalah suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama. Identitas suku pun ditandai oleh pengakuan dari orang lain akan ciri khas kelompok tersebut dan oleh kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku atau ciri-ciri biologis.

Video Sample Musik Dangdut

12. World
Dunia musik adalah istilah umum untuk kategori musik global, seperti musik tradisional atau musik rakyat dari sebuah budaya yang diciptakan dan dimainkan oleh musisi adat dan erat terkait dengan musik dari daerah asal mereka. Genre ini biasanya lebih mengandung lagu-lagu rakyat yang sangat lama, Misalnya Sekitar 0-800 Masehi bahkan bisa sebelum Masehi

17 thoughts on “Genre Musik

    • 😀 … Genre yang belum ada itu genre yang belum dibuat mas 😀
      Mungkin masnya mau mbuat Aliran/Genre Musik yang baru 😀 ..

      Yang belum ada itu Genre Musik Keroncong, Langgam Dsb 🙂

      Suka

  1. Bang britpop kok gak dijelasin ya? Kn itu juga aliran baru sepengatahuan ku saja, sepengetahuan ku britpop itu di populerkan oleh oasis,blur dan yang lain dimana persaingan antara oasis dan blur dulu sempat ramai dibicarakan di Inggris, terimakasih

    Suka

  2. Misi, gan, saya mau protes, yang tentang musik metal, karena dalam musik metal, yang mengandung unsur setan dalam lirik liriknya dan menggunakan teknik growl, scream, dan grunt itu cuman extreme/underground metal, terutama black metal, dan death metal (meskipun cenderung liriknya tentang kematian dan pembunuhan) , sementara genre genre yang lain seperti heavy metal, power metal, dan yang lainnya jarang menggunakan scream, meski pun ada seperti pantera, a7x, dan lainnya.
    Juga untuk Trash metal menurut saya itu bukan underground, karena Metallica, adalah salah satu pelopor tersebarnya genre metal yang diawali bentuk yang lebih berat genre hard rock, atau bisa disebut heavy rock, yang kemudian dibagi menjadi trash metal dan glam metal, juga berkembang pula heavy metal dengan band contohnya Black Sabbath, Iron Maiden, dan Megadeth. Lalu yang disebut American Metal itu kayaknya lebih cocok diganti jadi glam metal, yang kenapa gak dibahas disini, padahal glam metal adalah salah satu subgenre paling awal dari metal bersamaan dengan trash metal, dan band band nya adalah band seperti Bon Jovi, Kiss, Motley Crue, dan Poison. Juga rasanya tidak adil memasukkan band legendaris seperti Van Halen ke dalam American Metal, karena Van Halen lebih dikategorikan ke Heavy Metal, yang bisa disebut genre utama metal, yang juga kenapa tidak dibahas di sini.
    Memang benar lirik lirik lagu metal umumnya banyak yang menggunakan konsep kasar, sperti Raining Blood milik Slayer, atau When The Bell Tolll milik Metallica,namun pada dasarnya lirik tersebut biasanya mengkritik suatu suatu kehidupan, seperti pada Enter Sandman, atau pun Psychosocial milik Slipknot, namun tidak dapat dipungkiri bahwa musisi metal itu selalu menulis lagu dengan lirik yang berkualitas, jauh dari musik pop manapun di jaman sekarang, dan mereka biasanya memiliki skill bermain musik yang tinggi, seperti Kirk Hammet, Dimebag Darrel, Joey Jordison, dan tentu saja, Eddie Van Halen yang bahkan teknik permainannya sudah memengaruhi teknik bermain gitar pada jaman modern, hanya karena menggunakan efek heavy distorsi pada gitar dan suara sangar bukan berarti liriknya mengandung unsur setan, bahkan di Indonesia band band extreme metal sperti Purgatory, Siksa Kubur bahkan menyelipkan unsur unsur ajaran islam, seperti pada lagu lagu Purgatory, juga genre seperti metalcore, grindcore, deathcore, itu bukanlah subgenre dari metal, namun gabung dari punk, hardcore dan metal.
    Ps. Kenapa Britpop tidak dibahas? Padahal disitu ada Oasis, band favorit saya.

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s